Jawab Kritik! Brasil Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018

Brasil (Reuters/Axel Schmidt)
28 Juni 2018 07:50 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Brasil sukses melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018. Hal itu dipastikan pada laga terakhir Grup E melawan Serbia. Dalam laga yang dilangsungkan di Spartak Arena, Kamis (28/6/2018) dini hari WIB, Brasil menang dengan skor 2-0.

Brasil memang sempat mendapat kritik di Piala Dunia 2018. Hal itu tak terlepas dari hasil imbang yang diraih mereka pada laga perdana melawan Swiss. Kritik juga belum padam meski mereka menang melawan Kosta Rika pada laga kedua. Pasalnya, kemenangan itu ditentukan di menit-menit akhir.

Kini, Brasil berhasil membungkam para pengkritiknya. Mereka lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018 sebagai juara Grup E. Hal itu tentu sesuai ekspektasi mengingat Brasil merupakan salah satu tim yang dijagokan di ajang ini selain juara bertahan Jerman, Prancis, maupun Argentina.

Melawan Serbia, Brasil tampil menekan sejak awal seperti biasanya. Namun, mereka tetap kesulitan membongkar pertahanan lawan. Beberapa peluang dari Gabriel Jesus dan Neymar pun masih bisa dimentahkan lini belakang Serbia yang tampil solid.

Kebuntuan Brasil akhirnya terpecah di menit ke-36. Umpan lambung Philippe Coutinho melewati lini pertahanan Serbia. Paulinho lantas menyambut bola tersebut dan menaklukkan penjaga gawang Serbia, Vladimir Stojkovic. Brasil memimpin 1-0.

Di babak kedua, Brasil mampu menambah satu gol lagi. Bek tengah Thiago Silva mampu mencatatkan namanya di papan skor. Silva sukses menyambut umpan Neymar dari sepak pojok dengan sundulan di menit ke-68. Brasil pun menang 2-0.

Kemenangan ini membuat Brasil mengoleksi tujuh poin, hasil dari dua menang dan sekali imbang. Mereka unggul dua poin dari Swiss yang menjadi runner up.

Susunan Pemain

Serbia: Stojkovic, Kolarov, Rukavina, Veljkovic, Milenkovic, Matic, Tadic, Kostic (Radonjic 82'), Milinkovic-Savic, Ljajic (Zivkovic 75'), Mitrovic (Jovic 89')

Brasil: Alisson, Joao Miranda, Thiago Silva, Fagner, Marcelo (Filipe Luis 10'), Paulinho (Fernandinho 66'), Coutinho (Renato Augusto 80'), Casemiro, Willian, Neymar, Gabriel Jesus

Tokopedia