Piala Dunia 2018: Sesuai Prediksi, Swiss ke 16 Besar Sebagai Runner Up Grup

Swiss (Reuters/Murad Sezer)
28 Juni 2018 08:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, NIZHNY NOVGOROD - Swiss berhasil melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018. Meski, di partai terakhir mereka hanya bermain imbang melawan Kosta Rika.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Nizhny Novgorod Stadium, Kamis (28/6/2018) dini hari WIB, Swiss dan Kosta Rika bermain imbang 2-2. Swiss memecah kebuntuan lebih dulu di menit ke-31 melalui Blerim Dzemaili.

Gol ini berawal dari umpan silang yang dikirim oleh Stephan Lichtsteiner. Bola kemudian disambut oleh Breel Embolo dengan tandukan. Namun, bola justru mengarah ke tengah kotak penalti. Dzemaili yang berdiri bebas akhirnya bisa mencocor bola dan menaklukkan Keylor Navas. Skor menjadi 1-0 untuk Swiss dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Kosta Rika mampu menyamakan kedudukan. Kendall Waston mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-56. Dia membobol gawang Swiss melalui tandukan setelah memanfaatkan assist Joel Campbell dari tendangan sudut.

Swiss baru bisa unggul lagi di menit ke-88. Josip Drmic mengubah skor menjadi 2-1 melalui skornya. Dia melesakkan gol setelah menerima umpan silang dari Denis Zakaria. Swiss pun berada di atas angin berkat keunggulan di menit-menit akhir ini.

Namun, keunggulan itu nyatanya tak bertahan lama. Kosta Rika mendapat hadiah penalti setelah adanya pelanggaran untuk Campbell. Bryan Ruiz ditunjuk sebagai eksekutor. Namun bola tendangannya cuma menerpa mistar gawang. Beruntung bola mengenai punggung Yann Sommer sehingga masuk ke gawang. Skor akhir Swiss vs Kosta Rika 2-2.

Hasil itu membuat Swiss lolos sebagai runner up Grup E Piala Dunia 2018 mendampingi Brasil. Swiss punya lima poin, Brasil mengoleksi tujuh poin. Fakta ini sesuai dengan prediksi banyak kalangan menjelang laga terakhir Grup E Piala Dunia.

Susunan Pemain:

Swiss: Sommer; Lichtsteiner, Schar, Akanji, Rodriguez; Behrami (Zakaria 60'), Xhaka; Shaqiri (Lang 81'), Dzemaili, Embolo; Gavranovic (Drmic 69').

Kosta Rika: Navas; Acosta, Gonzalez, Oviedo, Gamboa (Smith 90'); Watson, Borges, Colindres (Wallace 81'); Ruiz, Guzman (Azofeifa 90'), Campbell.

Tokopedia