Piala Dunia 2018: Ayo Selamatkan Muka Asia, Jepang!

Timnas Jepang (Reuters/Toru Hanai)
28 Juni 2018 18:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, VOLGOGRADJepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Cahaya Asia. Kalimat propaganda Kekaisaran Jepang pada masa Perang Dunia II tersebut cukup relevan apabila dihubungkan dengan kiprah Timnas Jepang di Piala Dunia 2018.

Ketika sejumlah wakil Asia satu per satu tersingkir dari Piala Dunia 2018, tim berjuluk Samurai Biru ini masih eksis bertahan di Rusia. Jepang berada di posisi teratas dalam persaingan lolos ke babak 16 besar dari Grup H. Keisuke Honda dkk. mengoleksi poin yang sama dengan Senegal, dan unggul sebiji poin atas Kolombia.

Tiga tim ini pun masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Hanya Polandia yang sudah pasti angkat koper setelah selalu menelan kekalahan dalam dua laga pembuka. Secara matematis, Jepang hanya membutuhkan sebiji poin ketika bertemu Polandia pada laga penutup Grup H di Volgograd Arena, Volgograd, Kamis (28/6/2018) pukul 21.00 WIB untuk lolos ke babak 16 besar.

Samurai Biru bahkan masih bisa melangkah ke babak selanjutnya sendainya kalah dari Polandia, dengan syarat pada waktu bersamaan Senegal mampu menaklukkan Kolombia dalam duel di Samara Arena, Samara. Jika skenario itu berjalan mulus, ini akan menjadi tiket kali ketiga Jepang di babak 16 besar dalam sejarah Piala Dunia. Sebelumnya, Negeri Sakura, julukan lain Jepang, berhasil menapakkan kaki di babak 16 besar Piala Dunia 2010 dan ketika menjadi tuan rumah bersama Korsel di Piala Dunia 2002.

Tapi Jepang tidak ingin sekadar lolos. Mereka mengusung misi mulia melaju ke babak 16 besar sebagai juara grup. Jika menjadi juara Grup H, Jepang akan bertemu runner-up Grup G yang bakal diduduki Inggris atau Belgia. Inggris dan Belgia sendiri masih harus bertemu untuk menentukan posisi juara dan runner-up Grup G, Jumat (29/6/2018) pukul 01.00 WIB.

“Jepang bukan tipe tim yang mengincar satu poin. Kami fokus mendapatkan tiga poin dibandingkan mengkalkulasi [poin minimal untuk lolos]. Kami memperoleh empat poin setelah dua laga, namun kami belum benar-benar lolos,” jelas kapten Jepang, Makoto Hasebe, seperti dilansir Reuters, Rabu (27/6/2018).