Babak Pertama, Jepang vs Polandia Tak Ada Gol Tercipta

Duel Jepang vs Polandia di Samara Arena, Samara, Rusia, Kamis (28/6 - 2018). (Reuters)
28 Juni 2018 21:51 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, VOLGOGARD - Jepang menjadi satu-satunya wakil Asia yang berpeluang lolos fase grup Piala Dunia 2018. Menjalani laga terakhir kontra Polandia, Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, Kamis (28/6/2018), Negeri Matahari Terbit tampak lebih tenang meski kalah dalam jumlah penguasaan bola.

Babak Pertama

Pertandingan dimulai dengan serangan yang lebih dulu dibangun oleh para pemain Jepang. Maklum saja, tim berjuluk Samurai Biru itu membutuhkan tiga poin guna menyegel tempat di 16 besar. Akan tetapi, serangan Jepang di menit-menit awal masih belum membuahkan hasil karena Polandia bermain rapi.

Alih-alih berusaha mencari keunggulan, Jepang justru hampir kebobolan di menit kelima. Gaku Shibasaki melakukan blunder dengan salah memberikan umpan. Beruntung bagi Jepang, Piotr Zielinski yang menerima bola dan lekas memulai serangan balik, umpannya ke arah Robert Lewandowski masih bisa dibendung lini bertahan Jepang.

Peluang emas pertama Jepang baru muncul di menit ke-12. Berawal dari kerja sama yang dibangun Yoshinori Muto dan Yuto Nagatomo, bola lekas diumpan yang kemudian disundul Shinji Okazaki. Sayangnya, sundulan tersebut masih melebar. Begitupun yang terjadi semenit setelahnya, kala tembakan Muto dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Lukasz Fabianski.

Jepang benar-benar mendominasi. Mereka tak henti-hentinya menggempur pertahanan Polandia. Di menit ke-17, Gotoku Sakai melepaskan tembakan setelah menerima umpan Usami. Hanya saja, sepakan tersebut masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan Fabianski.

Sementara itu, Polandia kesulitan mendapatkan peluang bagus. Para pemain Polandia masih kesulitan menjadi penyokong Robert Lewandowski. Akan tetapi, Polandia hampir membuka keunggulan di menit ke-32 kala Kamil Grosicki menyundul bola ke pojok gawang Jepang. Kendati demikian, Eiji Kawashima mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola tepat di garis gawang.

Memasuki menit ke-39, Jepang mendapat peluang cukup bagus melalui sepak pojok. Tetapi, lagi-lagi Fabianski masih bisa mematahkan peluang tersebut. Pada akhirnya babak pertama pun berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

 

Susunan pemain Jepang vs Polandia

Jepang: Kawashima; Yoshida, Makino, H. Sakai, Nagatomo, G. Sakai, Shibasaki, Yamaguchi, Usami; Okazaki, Muto

Polandia: Fabianski; Bednarek, Glik, Bereszynski, Jedrzejczyk, Goralski, Krychowiak; Kurzawa, Zielinski, Grosicki; Lewandowski

Tokopedia