Kalah 0-1 dari Polandia, Jepang Tetap Lolos

Polandia mencetak gol kontra Jepang. (Reuters)
28 Juni 2018 22:59 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, VOLGOGARD - Jepang menjadi satu-satunya wakil Asia yang berpeluang lolos fase grup Piala Dunia 2018. Sayangnya, menjalani laga terakhir kontra Polandia, Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, Kamis (28/6/2018), Negeri Matahari Terbit gagal memerik kemenangan.

Babak Pertama

Pertandingan dimulai dengan serangan yang lebih dulu dibangun oleh para pemain Jepang. Maklum saja, tim berjuluk Samurai Biru itu membutuhkan tiga poin guna menyegel tempat di 16 besar. Akan tetapi, serangan Jepang di menit-menit awal masih belum membuahkan hasil karena Polandia bermain rapi.

Alih-alih berusaha mencari keunggulan, Jepang justru hampir kebobolan di menit kelima. Gaku Shibasaki melakukan blunder dengan salah memberikan umpan. Beruntung bagi Jepang, Piotr Zielinski yang menerima bola dan lekas memulai serangan balik, umpannya ke arah Robert Lewandowski masih bisa dibendung lini bertahan Jepang.

Peluang emas pertama Jepang baru muncul di menit ke-12. Berawal dari kerja sama yang dibangun Yoshinori Muto dan Yuto Nagatomo, bola lekas diumpan yang kemudian disundul Shinji Okazaki. Sayangnya, sundulan tersebut masih melebar. Begitupun yang terjadi semenit setelahnya, kala tembakan Muto dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Lukasz Fabianski.

Jepang benar-benar mendominasi. Mereka tak henti-hentinya menggempur pertahanan Polandia. Di menit ke-17, Gotoku Sakai melepaskan tembakan setelah menerima umpan Usami. Hanya saja, sepakan tersebut masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan Fabianski.

Sementara itu, Polandia kesulitan mendapatkan peluang bagus. Para pemain Polandia masih kesulitan menjadi penyokong Robert Lewandowski. Akan tetapi, Polandia hampir membuka keunggulan di menit ke-32 kala Kamil Grosicki menyundul bola ke pojok gawang Jepang. Kendati demikian, Eiji Kawashima mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola tepat di garis gawang.

Memasuki menit ke-39, Jepang mendapat peluang cukup bagus melalui sepak pojok. Tetapi, lagi-lagi Fabianski masih bisa mematahkan peluang tersebut. Pada akhirnya babak pertama pun berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Polandia mengambil inisiatif penyerangan sejak peluit pertama berbunyi. Mereka menekan pertahanan Jepang melalui umpan lambung langsung ke dalam kotak penalti yang memaksa bek-bek Jepang bekerja keras.

Pada menit ke-53, umpan silang Robert Lewandowski ke dalam kotak penalti gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Kamil Grosicki. Bola lebih dulu ditangkap oleh kiper sebelum Grosicki datang menyambar dengan kaki kanan.

Upaya Polandia akhirnya berbuah manis di menit ke-59. Bola umpan tendangan bebas Rafal Kurzawa ke dalam kotak penalti berhasil disambar dengan tendangan voli kaki kanan oleh Jan Bednarek dan gol. Polandia unggul 1-0.

Jepang langsung bangkit melakukan serangan untuk mencetak gol penyama kedudukan. Tapi umpan-umpan lambung mereka ke dalam kotak penalti masih dengan mudah diantipasi bek-bek jangkung Polandia.

Maya Yoshida memberikan ancaman ke gawang Polandia di menit ke-72. Tapi sundulan kerasnya memanfaatkan umpan sepak pojok Gaku Shibasaki masih melebar tipis di samping gawang.

Sebuah peluang emas didapat Polandia di menit ke-77. Sayang bola sambaran Robert Lewandowski dari depan mulut gawang meneruskan umpan silang Piotr Zielinski masih melayang tipis di atas mistar.

Jepang coba terus menggempur pertahanan Polandia di menit-menit akhir, namun mereka tak mampu mencetak gol penyama kedudukan. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Polandia. Meski kalah, Jepang tetap lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup H.

Jepang Lolos

Jepang akhirnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia meski menyerah 0-1 dari Polandia. Kekalahan itu membuat Jepang mempunyai poin, selisih gol, serta produktivitas gol yang persis sama dengan Senegal yang dalam pertandingan lain yang digelar pada saat bersamaan juga menyerah dengan skor tipis 0-1 dari Kolombia.

Dengan kekalahan masing-masing 0-1 dari lawan-lawannya, Jepang berhasil lolos hanya karena keuntungan lebih fair play alias menerima kartu kuning atau merah lebih sedikit dibandingkan dengan Senegal. Hasil head to head keduanya pun imbang 2-2.

Susunan pemain Jepang vs Polandia

Jepang: Kawashima; Yoshida, Makino, H. Sakai, Nagatomo, G. Sakai, Shibasaki, Yamaguchi, Usami; Okazaki, Muto

Polandia: Fabianski; Bednarek, Glik, Bereszynski, Jedrzejczyk, Goralski, Krychowiak; Kurzawa, Zielinski, Grosicki; Lewandowski

Tokopedia