Gol Yerry Mina Bawa Kolombia Taklukan Senegal 1-0

Kolombia merayakan gol ke gawang Senegal. (Reuters)
28 Juni 2018 23:05 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA - Kolombia berharap kemenangan di laga terakhir grup H Piala Dunia 2018 kontra Senegal. Sebaliknya, Sadio Mane cs. juga butuh setidaknya hasil imbang untuk dapat lolos.

Berlaga di Samara Arena, Samara, Rusia, Kamis (28/6/2018) kedua tim saling jual beli serangan. Kolombia akhirnya dapat memastikan tiket ke 16 besar setelah mencetak satu gol di pertengahan babak kedua.

Babak Pertama

Senegal memulai babak pertama dengan berinisiatif melakukan serangan. Namun, upaya mereka mampu dipatahkan lini pertahanan Kolombia.

Menit ke-5, Kolombia berbalik membuka peluang pertama. Sayang, peluang Juan Cuadrado masih bisa dipatahkan barisan pertahanan Senegal.

Kolombia kembali memperoleh peluang di menit ke-13. Tendangan bebas Juan Quintero bisa diselamatkan Khadim N'Diaye dan hanya menghasilkan sepak pojok. James Rodriguez yang mengambil tendangan sepak pojok, mengirimkan umpan kepada Juan Cuadrado. Namun, bola dengan mudah diselamatkan Khadim N'Diaye.

Senegal gantian mendapat peluang mencetak gol di menit ke-17, setelah Keita Balde dijatuhkan Davinson Sanchez di dalam kotak penalti.

Namun, wasit asal Serbia, Milorad Mazic, yang semula menunjuk titik putih, membatalkan keputusannya setelah melihat tayangan ulang Video Assistant Referee (VAR). Skor masih tetap 0-0.

Menit ke-24, Kolombia memperoleh peluang mencetak gol. Tendangan bebas yang dilepaskan Juan Quintero, langsung disambut Radamel Falcao. Sayang, sundulannya masih melayang di atas mistar gawang Senegal.

Senegal mendapatkan peluang di menit ke-26. Namun, tendangan keras Keita Balde mampu diamankan penjaga gawang Kolombia, David Ospina.

Keputusan mengejutkan dilakukan pelatih Kolombia Jose Pekerman pada menit ke-31. Pekerman menarik sang megabintang James Rodriguez demi Luis Muriel. James tampak sangat kesal. Ia tak kembali ke bangku cadangan dan langsung menuju kamar ganti.

Menit ke-39, Senegal mendapat peluang lewat akselerasi Ismaila Sarr. Sayang, bola gagal dimanfaatkan Sadio Mane untuk mengubah kedudukan.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan dan waktu tambahan, kedua tim saling bergantian melancarkan serangan. Namun, hingga wasit asal Serbia, Milorad Mazic, meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan di babak pertama, skor tetap bertahan 0-0.

Babak Kedua

Kolombia mengawali babak kedua pertandingan ini dengan langsung mengambil inisiatif serangan. Bahkan mereka nyaris bisa membuka keunggulan jika tembakan dari Quintero di menit 48 mampu tepat sasaran.

Tidak berselang lama, Kolombia kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa membuka keunggulan lebih dahulu atas Senegal via aksi Cuadrado. Namun upaya winger Juventus itu untuk mencetak gol ke gawang N’Diaye masih mampu diantisipasi oleh barisan belakang Senegal.

Pada menit 62, Senegal sejatinya memiliki kesempatan untuk bisa mencuri keunggulan atas Kolombia melalui peluang sepakan bebas dari Mane. Akan tetapi tembakan bebas yang dilepaskan oleh Mane masih jauh dari sasaran.

Gol yang dinanti-nanti Kolombia akhirnya hadir tepatnya pada menit 77. Adalah Yerry Mina yang berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang N’Diaye seusai memaksimalkan umpan dari Quintero. Senegal 0-1 Kolombia.

Tersentak dengan gol Kolombia, membuat Senegal semakin gencar untuk tampil menyerang. Namun sayang sejumlah peluang emas yang didapat oleh Mane serta Niang masih mampu dimentahkan oleh barisan belakang Kolombia.

Memasuki 10 menit terakhir, Kolombia nampaknya sudah puas dengan keunggulan 1-0 mereka atas Senegal. Hal tersebut terbukti dengan lebih banyaknya para pemain Kolombia mengalirkan bola di area sendiri, sembari menunggu celah di pertahanan Senegal.

Di pengujung laga tempo permainan kembali meninggi, Senegal yang butuh gol untuk lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018 semakin gencar untuk memberikan tekanan. Namun sejumlah upaya mereka masih belum membuahkan hasil.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada lagi gol tambahan yang dicetak kedua tim. Kolombia pun berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan 1-0 atas lawannya Senegal.

 

Susunan Pemain Senegal vs Kolombia

Senegal: N'Diaye; Sane, Koulibaly, Sabaly, Gassama; Sarr, Kouyate, Gana, Balde; Mane, Niang

Kolombia: Ospina; Mina, D. Sanchez, Arias, Mojica; Uribe, C. Sanchez; J. Rodriguez, Quintero, Cuadrado; Falcao