Alasan Jepang Lolos 16 Besar: Kartu Kuning Lebih Sedikit

Jepang lolos ke babak 16 besar putaran final Piala Dunia 2018. (Reuters)
28 Juni 2018 23:20 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, VOLGOGARD - Jepang akhirnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia meski menyerah 0-1 dari Polandia. Kekalahan itu membuat Jepang mempunyai poin, selisih gol, serta produktivitas gol yang persis sama dengan Senegal yang dalam pertandingan lain yang digelar pada saat bersamaan juga menyerah dengan skor tipis 0-1 dari Kolombia.

Dengan kekalahan masing-masing 0-1 dari lawan-lawannya, Jepang berhasil lolos hanya karena keuntungan lebih fair play alias menerima kartu kuning atau merah lebih sedikit dibandingkan dengan Senegal. Hasil head to head keduanya pun imbang 2-2.

Jepang finis di peringkat dua klasemen Grup H dengan empat poin. Jumlah ini sama dengan yang dimiliki Senegal di posisi tiga. Selisih gol kedua tim juga sama. Namun, Jepang unggul soal nilai fair play, dimana Shinji Okazaki dan kawan-kawan baru mengoleksi empat kartu kuning, sementara Senegal enam.

Gol Polandia ke gawang Jepang tercipta pada menit 59. Berawal dari tendangan bebas, Jan Bednarek sukses meneruskan bola ke gawang Eiji Kawashima. Skor jadi 1-0 untuk Polandia.

Usai gol ini, Jepang bermain habis-habisan dan menyerbu pertahanan Polandia. Serangan demi serangan dibangun Samurai Biru. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil. Hingga laga usai, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Polandia bahkan nyaris mencetak gol kedua di menit ke-81. Kamil Growsicki melepaskan umpan silang rendah yang nyaris berbuah gol bunuh diri. Bola mengenai kaki Tomoaki Makino namun bola hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Di menit-menit akhir, Jepang terus mengulur waktu seakan sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sebab, Samurai Biru bisa lolos ke fase gugur berkat keunggulan fair play dari Senegal yang mengoleksi nilai yang sama.

Babak kedua usai dan skor 1-0 untuk keunggulan Polandia. Jepang finis sebagai runner up dengan koleksi empat poin atau unggul fair play atas Senegal. Sementara juara grup dihuni Kolombia yang mengemas enam poin. Radamel Falcao dan kawan-kawan sukses menekuk Senegal 1-0 lewat gol Yerry Mina.

Tokopedia