Duel Pemain Pelapis, Inggris Dipecundangi Belgia

Inggris vs Belgia (Reuters/Fabrizio Bensch)
29 Juni 2018 07:41 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, KALININGARD - Inggris harus puas sebagai runner up Grup G Piala Dunia 2018. Hal itu setelah mereka dikalahkan Belgia pada laga terakhir fase penyisihan grup di Kaliningrad Stadium, Jumat (29/6/2018) dini hari WIB. Inggris menyerah dengan skor 0-1.

Laga ini sebenarnya sudah tak menentukan bagi kedua tim terkait kelolosan ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018. Pasalnya, baik Inggris maupun Belgia sudah dipastikan lolos sejak pertandingan sebelumnya. Koleksi enam poin hasil dua kemenangan awal cukup untuk membawa mereka lolos ke fase knock-out.

Namun, pertandingan ini menentukan siapa yang bakal keluar sebagai juara grup sekaligus menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Dan jawabannya adalah Belgia. Kedua tim sendiri tak memainkan pemain pilar. Beberapa nama terbaik disimpan demi fit di babak 16 Besar.

Inggris misalnya yang mencadangkan top skorer mereka, Harry Kane. Lini depan pun diserahkan kepada duet Jamei Vardy dan Marcus Rashford. Total Inggris melakukan delapan perubahan pada starting line up mereka kali ini. Beberapa pemain pun menjalani debut di Piala Dunia 2018 seperti Trent Alexandre Arnold, Phil Jones, hingga Garry Cahill.

Belgia lebih banyak lagi dalam merubah starting XI. Total sembilan pemain pelapis dimasukkan sejak awal. Penyerang andalan mereka, Romelu Lukaku diistirahatkan dan digantikan dengan Michy Batshuayi. Nama-nama tenar lainnya seperti Eden Hazard, Yannic Carrasco, hingga Kevin De Bruyne pun tak dimainkan.

Meski mengandalkan para pemain pelapis, kedua tim tampak bermain agresif seperti biasanya. Belgia lebih banyak mengancam di awal babak pertama. Dua peluang dari Yori Tielemans dan Michy Bathsuayi nyaris berbuah gol. Skor imbang 0-0 pun bertahan di babak pertama.

Baru di awal babak kedua, Belgia mampu memecah kebuntuan. Adnan Januzaj mencetak gol pada menit ke-51. Janujaz yang bergerak dari sisi kanan kotak penalti Inggris kemudian melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kirinya. Bola mengarah ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa dijangkau oleh Pickford.

Sementara itu, peluang terbaik Inggris didapat Marcus Rashford di menit ke-66 setelah mendapat bola dari Vardy. Rashford mendapat ruang terbuka dan tinggal berhadapan dengan Thibaut Courtois. Dia kemudian melepaskan tembakan mengarah ke tiang jauh dengan kaki kanannya. Tapi Courtois masih bisa menepis bola sehingga hanya menghasilkan sepak pojok untuk Inggris. Skor 1-0 untuk Belgia bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Inggris: Jordan Pickford; Phil Jones, Gary Cahill, John Stones (Maguire 46'); Trent Alexander-Arnold (Welbeck 79'), Eric Dier, Fabian Delph, Ruben Loftus-Cheek, Danny Rose; Jamie Vardy, Marcus Rashford

Belgia: Thibaut Courtois; Thomas Vermaelen (Kompany 74'), Dedryck Boyata, Leander Dendoncker; Nacer Chadli, Mousa Dembele, Yori Tielemans, Adrian Januzaj (Mertens 86'); Marouanne Fellaini, Thorgan Hazard; Michy Batshuayi