Piala Dunia 2018: Jerman Tersingkir, Bagaimana Nasib Joachim Low?

Joachim Low (Reuters/Ralph Orlowski)
29 Juni 2018 10:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, KAZAN — Setiap Piala Dunia  punya potret tersendiri bagi Jerman. Pada penyelenggaraan tahun 2014 di Brasil, Mario Gotze mendadak menjadi ikon lewat kemampuan mengolah bolanya yang lentur seperti balerina. Satu gol dari Gotze di babak final melawan Argentina pun membawa mereka merengkuh trofi.

Empat tahun berselang, publik sempat dikejutkan dengan kejadian di luar sepak bola yang cukup jarang muncul di skuat Tim Panser. Pelatih mereka, Joachim Low, tampak mengenakan kacamata hitam, menikmati pagi di sebuah resort di Sochi untuk berpose bagi para fotografer agensi. Pemotretan itu tepat sebelum laga kedua fase grup Jerman melawan Swedia.

Sebuah laga yang krusial karena di partai pembuka Thomas Muller dkk. sudah keok 0-1 dari Meksiko. “Tenang, saya bisa mengontrolnya. Tak perlu khawatir,” ujar Low saat itu, seperti dilansir ESPN, Kamis (28/6/2018).

Namun sang pelatih ternyata tak benar-benar mampu mengontrol keadaan. Jerman yang berpredikat juara bertahan seakan terlalu santai dan kurang fokus menghadapi pertandingan. Konsentrasi mereka tak sepenuhnya di lapangan hijau. Tim Panser pun kena batunya. Setelah menang susah payah 2-1 atas Swedia, Jerman harus angkat kaki lebih cepat dari Rusia setelah digasak Korea Selatan dengan skor 0-2.

Ini kali pertama sejak 1938 Die Nationalmannschaft gagal lolos dari fase grup. “Ini adalah aib terbesar dalam sejarah Jerman di Piala Dunia!,” demikian tulis harian Jerman, Bild, dalam headline-nya.

Nasib Low di Jerman pun berada di persimpangan jalan. Meski sempat mendapat garansi Presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), Reinhard Grindel, bahwa posisi Low di tim tetap aman apapun hasil di Rusia, santer kabar pelatih dengan gaji tertinggi di Piala Dunia 2018 ini akan segera mengundurkan diri.

Sejumlah media menempatkan nama seperti Jurgen Klopp, Arsene Wenger hingga Julian Nagelsmann untuk menjadi suksesor pelatih stylish itu. Namun Low masih berteka-teki saat jurnalis bertanya ihwal masa depannya . “Masih terlalu dini buat saya untuk menjawab pertanyaan itu. Butuh beberapa jam untuk berpikir jernih.”

Legenda Tim Panser yang kini menjabat Manajer Jerman, Oliver Bierhoff, buru-buru meyakinkan publik bahwa Low tak akan ke mana-mana hingga kontraknya berakhir tahun 2022. “Ini bukan waktu untuk menilai individu-individu. Saya yakin Jogi akan lanjut,” kata Bierhoff seperti dilansir Marca.

Tokopedia