Rangkuman Fase Grup Piala Dunia 2018: 48 Laga, 122 Gol

Piala Dunia 2018 (Reuters/Michael Dalder)
29 Juni 2018 13:25 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Piala Dunia 2018 telah menyelesaikan pertandingan di fase grup. Kompetisi pun berlanjut ke babak 16 Besar. Di fase grup sendiri menyajikan banyak drama.

Drama dimulai dengan banyaknya tim besar yang terseok-seok di awal Piala Dunia 2018. Portugal, Spanyol, Argentina, Brasil, hingga Jerman gagal meraih kemenangan di laga pertama fase grup. Argentina dan Jerman bahkan terancam gagal lolos setelahnya.

Pada akhirnya, Argentina berhasil lolos sementara juara bertahan Jerman harus angkat koper. Drama kembali terjadi kala Senegal harus pulang lantaran kalah poin fairplay. Mereka mengoleksi poin, selisih gol, produktivitas gol, dan head to head yang sama dengan Jepang. Namun gara-gara menerima banyak kartu kuning, Senegal harus pulang.

Drama-drama lainnya tentu mengenai Video Assisten Referee (VAR). Ya, FIFA memang menerapkan VAR pada Piala Dunia edisi kali ini. Teknologi ini berfungsi untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan. Akibatnya, banyak keputusan wasit yang direvisi dan diganti dengan keputusan baru selepas meninjau ulang melalui VAR.

Terlepas dari drama-drama itu, fase penyisihan grup Piala Dunia 2018 menyuguhkan pertandingan yang menarik. Selama 2 pekan digelar, 32 tim saling ngotot untuk memperebutkan 16 tiket di fase knock-out. Sebanyak 48 digelar dan 122 gol dihasilkan.

Banyaknya gol yang tercipta itu membuat Piala Dunia 2018 kali ini dianggap tak monoton. Apalagi, hanya ada satu laga di fase grup yang tak menghasilkan gol. Laga itu adalah Denmark melawan Prancis yang berakhir imbang 0-0. Selebihnya, selalu ada gol di fase grup Piala Dunia 2018.

Tim-tim yang lolos ke babak 16 Besar

Grup A: Uruguay, Rusia
Grup B: Spanyol, Portugal
Grup C: Prancis, Denmark
Grup D: Kroasia, Argentina
Grup E: Brasil, Swiss
Grup F: Swedia, Meksiko
Grup G: Belgia, Inggris
Grup H: Kolombia, Jepang