Tantang Argentina di 16 Besar, Prancis Wajib Pertajam Lini Depan

Prancis (Reuters/John Sibley)
29 Juni 2018 16:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, KAZANTimnas Prancis boleh-boleh saja lolos dari fase Grup C Piala Dunia 2018 dengan predikat pemuncak klasemen dan belum tersentuh kekalahan. Olivier Giroud dkk. menorehkan tujuh poin dari tiga pertandingan, serta hanya kebobolan sebiji gol. Namun penampilan Les Bleus sejatinya masih jauh dari kata trengginas.

Laga terakhir Grup C melawan Denmark yang berakhir 0-0 itu menjadi parameter terkini performa stagnan Prancis. Antonio Griezmann yang menjadi top scorer Piala Eropa 2016 bahkan tak membuat satupun umpan sukses untuk Giroud di lini depan. Secara umum permainan Prancis kurang menggigit karena hanya memiliki tiga tembakan tepat sasaran. Padahal Les Bleus menguasai hingga 68% penguasaan bola.

Anak asuh Didier Deschamps agaknya harus segera keluar dari “gigi satu” untuk meladeni perlawanan Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Sabtu (30/6/2018). Meski tampil tak meyakinkan di fase grup, Tim Tango bisa menjadi musuh yang tricky apabila Prancis tak waspada. Deschamps sendiri sempat mengatakan timnya akan menghadapi “kompetisi berbeda” setelah lolos dari fase grup.

Lionel Messi jelas menjadi pemain yang perlu dijaga ketat oleh Tim Ayam Jantan. Untuk urusan ini, Prancis bisa mempercayakannya pada Samuel Umtiti. Umtiti tentu tak asing dengan gaya permainan Messi karena berlatih satu tim di Barcelona. Kiper Prancis, Steve Mandanda, amat paham dengan ancaman Messi yang sudah mencetak dua gol di Piala Dunia 2018.

“Kami harus bertahan dengan baik, saling berdekatan satu sama lain, meski pun demikian Messi bisa melakukan semua hal,” kata Mandanda seperti dilansir oleh Four Four Two.

Sebaliknya, Argentina perlu memperbaiki kinerja pertahanan jika tak ingin didikte Prancis. Di fase grup, gawang Argentina sudah kebobolan lima gol, terbanyak bersama Islandia. Messi menyadari Prancis memiliki pemain yang cepat dan lincah macam Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Ousmane Dembele hingga Nabil Fekir. Bagi Messi, laga melawan Les Bleus tak ubahnya final.

“Mereka tim yang sangat bagus. Pertahanan mereka, lini tengah dan depan mereka sangat bagus. Mereka juga punya sederet pemain kencang yang bisa menghadirkan perbedaan,” ujar Messi.

Prancis dan Argentina akan bertemu di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Ini akan jadi pertemuan pertama kedua tim di Piala Dunia sejak edisi 1978. Saat itu, La Albiceleste menang 2-1 pada laga fase grup. 

Tokopedia