Prancis vs Argentina 4-3: Dua Gol Mbappe Bawa Le Blues ke Perempat Final

Kylian Mbappe merayakan gol ke gawang Argentina. (Reuters - Michael Dalder)
30 Juni 2018 22:50 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, KAZAN - Laga perdana babak 16 besar Piala Dunia 2018 langsung dibuka dengan big match Prancis vs Argentina. Pertandingan seru tersaji di Kazan Arena, Kaza, Rusia, Sabtu (30/6/2018) ini.Sempat imbang 1-1 di babak pertama, Les Blues berhasil menang meyakinkan 4-3dengan dua gol striker muda andalannya, Kylian Mbappe.

Bermain di Kazan Arena, Prancis lebih banyak menunggu di lini pertahanan sambil memanfaatkan serangan balik yang dimotori Kylian Mbappe dan Griezmann yang memang mempunyai kecepatan dalam counter attack.

Dalam laga krusial ini, pelatih Argentina Jorge Sampaoli lagi-lagi melakukan perubahan pada timnya. Ia menempatkan Lionel Messi sebagai penyerang tengah dan mencadangkan baik Sergio Aguero maupun Gonzalo Higuain.

Messi ditemani oleh Cristian Pavon dan Angel Di Maria di lini depan. Di laga ini, Messi sendiri dijaga ketat oleh N'Golo Kante. Ia tidak mendapat ruang di poros tengah sehingga berulang kali harus bergerak ke sayap kanan. 

 

  •  Blaise Matuidi dipasang untuk mengawal pergerakan Lionel Messi. (Reuters)

Babak Pertama

Prancis mendapatkan peluang pertama setelah Kyilian Mbappe dilanggar di luar kotak penalti di menit ke-9. Sepakan keras Antoinne Griezmann meluncur deras ke arah gawang, tapi masih tertahan oleh tiang.

Beberapa menit kemudian, wasit menunjuk titik putih lagi-lagi setelah Mbappe dilanggar. Berawal dari serangan Argentina, bola berhasil direbut dan dari setengah lapangan Mbappe berlari kencang menuju kotak penalti Tim Tango. Ia kemudian dilangar oleh Marcos Rojo ketika baru memasuki kotak penalti sehingga wasit pun menghadiahkan penalti.

Griezmann yang didaulat menjadi algojo dengan tenang mengirimkan bola ke tengah, sementara kiper Franco Armani bergerak ke kanan. Prancis unggul 1-0 di menit ke-13.

  • Kylian Mbappe dijatuhkan Marcos Rojo di kotak penalty. (Reuters)

Mbappe lagi-lagi berperan krusial untuk menciptakan peluang dalam laga ini. Berawal dari serangan balik kilat, Paul Pogba mengirimkan umpan lambung ke arah Mbappe.

Nicola Tagliafico kemudian terpaksa melanggar Mbappe sehingga Prancis mendapat tendangan bebas di tempat emas, hanya satu meter dari kotak penalti. Pogba yang mengeksekusi hanya mengirimkan bola di atas mistar gawang.

Argentina sendiri jarang mendapatkan peluang di laga ini. Mereka bermain lebih sabar sejak menit ke-30, tapi berulang kali gagal menciptakan posisi yang bagus untuk menembak.

Namun di tengah kebuntuan tersebut, Angel Di Maria sukses membobol gawang Hugo Lloris melalui tendangan jarak jauh. Menerima umpan di luar kotak penalti, Di Maria yang tanpa kawalan sama sekali dengan tenang menghujamkan bola dengan kaki kirinya.

  •  Angel Di Maria merayakan gol indah ke gawang Prancis. (Reuters)

Di beberapa menit tersisa, Prancis mulai meningkatkan intensitas serangan dan lebih sering lagi memasuki area pertahanan Argentina. Namun tak ada peluang yang diciptakan oleh kedua tim.

Babak Kedua

Pertandingan babak kedua berlangsung lebih menarik. Secara permainan, kedua tim terlihat imbang. Tetapi ketiadaan striker murni di lini depan Argentina seperti memberikan perbedaan.

Meski begitu, Argentina memulai babak kedua dengan berinisiatif menyerang. Menit 48 terjadi kemelut di kotak penalti Prancis setelah tendangan bebas membawa Messi menguasai bola dengan baik. Dia menggiring bola sejenak dan menembakkan bola. Arah bola kemudian berbelok usai menerpa Mercado dan gol.

Gol ini sejenak membuat Argentina lebih percaya diri. Sejumlah penetrasi dilakukan Angel Di Maria dan Lionel Messi.

Di tengah gencarnya serangan Argentina, sebuah kesalahan dilakukan barisan pertahanan Argentina dengan Griezmann yang berhasil melewati kiper. Beruntung tembakan sang pemain masih melebar.

Prancis akhirnya menyamakan kedudukan lewat bek sayap kanan mereka, Benjamin Pavard, di menit 58. Umpan silang dari Hernandez langsung dihantam keras oleh Pavard. Bola memutar menuju pojok gawang tanpa bisa dicegah oleh Armani.

Seolah tinggal menunggu waktu, Argentina kembali kebobolan lewat Kylian Mbappe. Menit 64, bola liar yang diterima Mbappe digiring melewati bek Argentina. Tanpa ampun dia melepaskan tembakan keras kaki kiri yang tidak bisa dicegah kiper.

Mbappe belum habis. Empat menit kemudian, Giroud memberikan umpan terobosan di sisi kanan kepada Mbappe. Sang pemain langsung meluncurkan tembakan keras tanpa bisa dicegah kiper.

 

  • Perayaan gol khas Kylian Mbappe

Setelah gol Mbappe, Prancis tampak lebih taktis.  Blaise Matuidi ditaring keluar digantikan Corentin Tolisso di menit 75.

Keluarnya Matuidi membuat skema permainan Prancis berubah. Prancis lebih banyak menunggu serangan sambil sesekali membuat serangan balik. Menit 79 Pavard berhasil lolos dari kejaran bek lawan. Dia pun dijatuhkan Mascherano.

Banyaknya pemain Prancis yang bertahan membuat serangan Argentina sulit masuk ke kotak penalti. Mereka pun hanya bisa menguasai di sepertiga lapangan.

Menit 80, usai menerima umpan Messi, dia melepaskan tembakan keras yang bisa diblok lawan. Bola memantul dan berbalik arah. Namun, kiper Lloris sama sekali tidak kesulitan untuk menangkapnya.

  • Messi gagal membawa Argentina melaju ke babak selanjutnya

Wasit memberikan waktu tambahan selama empat menit saja. Sementara di tepi lapangan fans Argentina mulai dilanda frustasi.

Di tengah kegalauan suporter, Argentina mencetak gol lewat Sergio Aguero. Sundulannya menerima umpan panjang Messi memperkecil kedudukan.

Hingga laga usai, skor tetap bertahan 4-3 untuk keunggulan Prancis. Tim Ayam Jantan lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2018. Prancis bakal berhadapan dengan salah satu dari Portugal atau Uruguay yang bakal berlaga Minggu (1/7/2018).

Susunan pemain Prancis vs Argentina

Prancis (4-3-3): Kiper: Hugo Lloris; Bek: Samuel Umtiti, Raphael Varane, Lucas Hernandez, Benjamin Pavard; Gelandang: N'Golo Kante, Blaise Matuidi (Corentin Tolisso), Paul Pogba; Striker: Kylian Mbappe (Florian Thauvin), Antoine Griezmann (Nabil Fekir)

Argentina (4-3-2-1): Kiper: Franco Armani; Bek: Marcos Rojo (Federico Fazio), Nicolas Otamendi, Gabriel Mercado, Nicolas Tagliafico; Gelandang: Javier Mascherano, Enzo Perez (Sergio Aguero), Ever Banega; Striker: Angel Di Maria, Cristian Pavon (Maximiliano Meza), Lionel Messi

Tokopedia