Uruguay vs Portugal 2-1: Dua Gol Cavani Singkirkan Ronaldo dkk.

Pemain Uruguay merayakan kemenangan atas Portugal. (Reuters - Murad Sezer)
01 Juli 2018 11:08 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOCHI - Tim nasional Uruguay berhasil mengalahkan sekaligus menyingkirkan Portugal dari Piala Dunia dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 2-1 dalam lanjutan babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, Minggu dini hari WIB.

Pemain Uruguay Edinson Cavani berhasil mencetak dua gol, yakni di menit ketujuh dan 62. Adapun Pepe dari Portugal mencetak gol balasan pada menit ke-55.

Babak Pertama

Tandukan Bernardo Silva yang jauh dari sasaran menyambut umpan Adrien Silva pada menit kedua menjadi peluang pertama dalam pertandingan ini.

Menit keenam Ronaldo melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari Silva. Peluang on target pertama di laga ini yang masih mampu ditangkap dengan baik oleh Fernando Muslera.

Hanya berselang semenit dari peluang Ronaldo, Uruguay mengubah angka di papan skor. Cavani yang berada di sisi kanan lapangan mendapat bola dari lini tengah kemudian melepaskan umpan jauh kepada Suarez yang berdiri di sisi kiri. Kerja sama duet maut Uruguay berlanjut, dengan umpan diagonal Suarez yang ditanduk Cavani dan gagal diantisipasi Rui Patricio.

Setelah gol Cavani, Portugal berusaha mencari peluang lewat umpan silang dari Raphael Guerreiro yang gagal dimaksimalkan Jose Fonte.

Uruguay dan Portugal saling melancarakan serangan memanfaatkan lebar lapangan. Bola selalu diarahkan ke sisi kanan dan kiri lapangan sebelum memasuki kotak penalti.

Menit ke-22 Suarez mengeksekusi tendangan bebas yang berjarak tidak jauh dari kotak penalti Uruguay. Pilihan Suarez menyepak tanpa melambungkan bola membuat Patricio bersusah payah melakukan penyelamatan sambil menjatuhkan diri.

Portugal yang masih mencari gol penyama kedudukan terus berupaya mengendalikan permainan. Namun upaya menembus pertahanan Uruguay selalu gagal. Termasuk tendangan bebas Ronaldo pada menit ke-32 yang membentur pagar betis.

Sementara pertahanan Uruguay tampak solid untuk diterobos pemain-pemain Portugal, lini serang La Celeste juga tidak mampu menghasilkan peluang berbahaya. 

Keunggulan tipis Uruguay bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Tertinggal 0-1 membuat Portugal meningkatkan intensitas serangan di paruh kedua pertandingan. Pada menit 52, fullback kiri Portugal Raphael Guerreiro melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola masih tipis di atas mistar gawang Uruguay.

Setelah melalui beberapa kesempatan, Portugal racikan Fernando Santos akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit 55. Memanfaatkan umpan silang Guerreiro, sundulan Pepe Lima gagal diantisipasi Muslera. Saat itu, Pepe lepas dari pengawalan kapten Uruguay, Diego Godin, yang lebih terfokus mengawasi Cristiano Ronaldo. Skor pun berubah 1-1.

Setelah mencetak gol penyama kedudukan, mental skuad Portugal terlihat terangkat. Terbukti pada menit 60, mereka hampir membalikkan keadaan jika sepakan Goncalo Guedes tidak membentur pemain belakang Uruguay.

Akan tetapi, keasyikan menyerang membuat Portugal melupakan pertahanan. Pada menit 62, Uruguay kembali unggul, lagi-lagi lewat sepakan Cavani. Gelandang Juventus, Rodrigo Bentancur, melihat Cavani tidak terkawal di sisi kanan pertahanan Portugal.

Setelah menerima bola dari Bentancur, sepakan placing Cavani pun merobek gawang Patricio untuk kedua kalinya. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Uruguay. Pada menit 70, Portugal hampir menyamakan kedudukan lewat Bernardo Silva.

Sayangnya, Silva gagal memanfaatkan kesalahan yang dibuat lini pertahanan Uruguay. Meski Muslera sudah meninggalkan sarangnya, sepakan Silva masih melambung di atas mistar gawang Uruguay. Pada menit 75, Cavani yang terpincang-pincang digantikan penyerang Girona, Cristhian Stuani.

Setelah itu, Portugal membombardir pertahanan Uruguay yang dipimpin Godin. Akan tetapi, Muslera tampil prima, termasuk menepis sepakan jarak dekat Ricardo Quaresma di masa injury time. Hingga akhir pertandingan, Uruguay menang 2-1 dan lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2018.

Susunan pemain Uruguay vs Portugal;

Uruguay: Fernando Muslera, Jose Gimenez, Diego Godin, Rodrigo Bentacur (Cristian Rodriguez), Nahitan Nandez (Carlos Sanchez), Luis Suarez, Lucas Torreira, Matias Vecino, Diego Laxalt, Edinson Cavani (Cristhian Stuani), Martin Caceres.

Portugal: Rui Patricio, Pepe, Raphael Guerreiro, Jose Fonte, Cristiano Ronaldo, Joao Mario (Manuel Fernandes), Bernardo Silva, William, Ricardo, Goncalo Guedes (Andre Silva), Adrien Silva (Ricardo Quaresma).

Tokopedia