Babak 1: Gol Bunuh Diri & Penalti, Spanyol Vs Rusia 1-1

Pertandingan antara Spanyol dan Rusia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (1/7 - 2018) malam WIB. (Reuters/Kai Pfaffenbach)
01 Juli 2018 21:45 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Salah satu tim yang dinilai kuat di ajang Piala Dunia 2018, Spanyol, dihadapkan dengan tim tuan rumah, Rusia, pada Babak 16 Besar Piala Dunia 2018, di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (1/7/2018) malam WIB. Pada pertandingan tersebut, skor sama kuat 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Sejak awal pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 itu, Spanyol sebenarnya sudah terus menekan pertahanan Rusia yang dikomandani Fedor Kudrayshov. Namun Rusia selaku tim tuan rumah tak tinggal dan beberapa kali melancarkan serangan balasan sehingga langsung terjadi jual beli serangan di menit-menit awal pertandingan.

Pertandingan baru berjalan 12 menit, Spanyol sudah mampu unggul dengan gol bunuh diri Sergei Ignashevich. Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan Marco Asensio, Sergei Ignashevich yang berusaha menghalangi Sergio Ramos menyambut umpan justru tak sengaja menendang bola ke arah gawangnya sendiri sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Selepas menit ke-20, Sergio Ramos dkk. mulai menurunkan tempo pertandingan dan mulai memeragakan skema penguasaan bola. Beberapa kali, para pemain Spanyol memainkan bola di daerah pertahanan mereka demi memancing pemain Rusia untuk keluar dari daerah pertahanan mereka.

Meski demikian, Rusia yang sudah tertinggal satu gol dari Spanyol tampak enggan melakukan pressing ketat demi merebut penguasaan bola dan melakukan serangan. Hingga pertandingan berjalan 35 menit, skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol masih bertahan.

Baru pada menit ke-40, Rusia mendapatkan hadiah penalti setelah bek Spanyol, Gerard Pique, dianggap melakukan hand-ball di dalam kotak penalti. Artem Dzyuba yang mengeksekusi tendangan penalti berhasil memperdaya kiper Spanyol, David De Gea, dengan mengarahkan bola ke sudut kiri gawang Spanyol.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak I. Pertandingan babak I Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 antara Spanyol dan Rusia berakhir dengan skor sama kuat, 1-1.

Susunan pemain:

Spanyol (4-2-3-1):
David De Gea (GK); Nacho Fernandez, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets; David Silva, Marco Asensio, Isco; Diego Costa.
Pelatih: Fernando Hierro.

Rusia (3-4-2-1):
Igor Akinfeev (GK); Fedor Kudrayshov, Sergei Ignashevich, Ilya Kutepov; Yuri Zhirkov, Roman Zobnin, Daler Kuzyaev, Mario Fernandes; Aleksandr Golovin, Aleksandr Samedov; Artem Dzyuba.
Pelatih: Stanislav Cherchesov.