Babak II Tanpa Gol, Spanyol Vs Rusia Lanjut ke Perpanjangan Waktu

Timnas Spanyol. (Reuters/Jorge Silva)
01 Juli 2018 22:53 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOWBig match kembali tersaji pada Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 tatklala salah satu tim kuat, Spanyol, menghadapi sang tuan rumah Rusia, di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (1/7/2018) malam WIB. Pertandingan tersebut pun berakhir imbang, 1-1, di 90 menit waktu normal dan harus berlanjut ke baba perpanjangan waktu.

Skor 1-1 pada laga 16 Besar Piala Dunia 2018 itu sudah tercipta pada babak pertama. Gol bunuh diri dari bek Rusia, Sergei Ignashevich, mengantarkan Spanyol unggul terlebih dahulu di menit ke-12.

Sang tuan rumah baru bisa melancarkan gol balasan ketika pertandingan sudah berjalan 40 menit. Melalui tendangan penalti yang dilesakkan Artem Dzyuba, sang tuan rumah mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di babak kedua, Rusia langsung melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Yuri Zhirkov dan memasukkan Vladimir Granat. Namun demikian, pertandingan babak kedua tak jauh berbeda dengan babak pertama dengan Spanyol yang lebih menguasai pertandingan.

Di 10 menit pertama babak kedua, Spanyol masih unggul dalam hal penguasaan bola. La Furia Roja mampu unggul dengan 71% penguasaan bola atas Rusia yang hanya mampu mencatatkan 29% penguasaan bola di 10 menit pertama babak kedua.

Namun selepas menit ke-55, Rusia mampu melancarkan beberapa serangan melalui jantung pertahanan Spanyol. Namun upaya itu belum membuahkan hasil karena solidnya pertahanan Spanyol.

Rusia melakukan dua pergantian pemain di menit ke-61 dan ke-64. Winger Aleksandr Samedov ditarik keluar digantikan dengan pemain yang posisinya sama, yakni Denis Cheryshev dan striker Artem Dzyuba digantikan Fyodor Smolov.

Di kubu Spanyol pergantian pemain juga dilakukan di menit ke 67. Fernando Hierro menarik keluar David Silva dan menggantinya dengan pemain yang lebih kenyang pengalaman, Andres Iniesta.

 Memasuki 15 menit terakhir babak kedua, Spanyol justru semakin gencar melakukan serangan. Sedangkan Rusia selaku tim ruan rumah justru terkurung dan tak mampu keluar dari tekanan demi tekanan yang dialncarkan Spanyol.

Pada menit ke-80, pelatih Spanyol Fernando Hierro justru melakukan hal yang cukup mengejutkan dengan menarik keluar striker andalannya, Diego Costa. Mantan striker Liverpool, Iago Aspas, menjadi pemain yang menggantkan Diego Costa.

Spanyol sebenarnya mendapatkan peluang emas pada menit ke-85. Andres Iniesta yang baru masuk di babak kedua mampu melepaskan tendangan keras ke sudut kanan gawang Rusia. Sayang, sepakannya masih mampu diamankan kiper Rusia, Igor Akinfeev.

Spanyol mulai melancarkan serangan bertubi-tubi di detik-detik terakhir babak kedua. Tercatat Spanyol mendapatkan sepak pojok tiga kali berturut-turut di menit ke-89. Namun kesempatan itu gagal dimaksimalkan Sergio Ramos dkk.

Rusia yang tak mau kehilangan muka di hadapan publik pendukungnya sendiri mencoba melakukan serangan dan mendapatkan peluang emas melalui Fyodor Smolov di menit ke-92. Sayang, tendangannya masih melebar di sisi kiri gawang Spanyol.

Hingga pertandingan babak kedua Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 itu berakhir, skor masih sama kuat, 1-1. Pertandingan pun harus dilanjutkan melalui babak perpanjangan waktu 2X15 menit.  

Susunan pemain:

Spanyol (4-2-3-1):
David De Gea (GK); Nacho Fernandez (Daniel Carvajal 71'), Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets; David Silva (Andres Iniesta 67'), Marco Asensio, Isco; Diego Costa (Iago Aspas 80').
Pelatih: Fernando Hierro.

Rusia (3-4-2-1):
Igor Akinfeev (GK); Fedor Kudrayshov, Sergei Ignashevich, Ilya Kutepov; Yuri Zhirkov (Vladimir Granat 46'), Roman Zobnin, Daler Kuzyaev, Mario Fernandes; Aleksandr Golovin, Aleksandr Samedov (Denis Cheryshev 61'); Artem Dzyuba (Fyodor Smolov 65').
Pelatih: Stanislav Cherchesov.

Tokopedia