Main Oportunis, Rusia Depak Spanyol dari Piala Dunia 2018

Pertandingan antara Spanyol dan Rusia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (1/7 - 2018) malam WIB. (Reuters - Maxim Shemetov)
01 Juli 2018 23:46 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 antara Spanyol dan Rusia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (1/7/2018) malam WIB, berlangsung ketat. Dalam 90 menit waktu normal, kedua tim mampu bermain imbang dengan skor 1-1.

Skor 1-1 pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 antara Spanyol dan Rusia itu terjadi di babak pertama. Spanyol unggul lebih dulu melalui gol bunuh diri bek Rusia, Sergei Ignashevich, di menit ke-12.

Sedangkan Rusia mampu melesakkan gol balasan di menit ke-40 melalui tendangan penalti yang dilesakkan Artem Dzyuba. Rusia mendapatkan hadiah penalti dari wasit setelah bek Spanyol, Gerard Pique, melakukan hand-ball di dalam kotak penalti.

Di babak kedua, Spanyol memang masih menguasai pertandingan dan lebih banyak menguasai bola dibanding Rusia. Namun demikian, tak ada satun pun gol yang dicetak kedua tim pada babak kedua. Pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 antara Spanyol dan Rusia mau tak mau harus dilanjutkan ke babak extra time atau perpanjangan waktu.

Tak jauh berbeda dengan babak pertama dan babak kedua, Spanyol masih menguasai jalannnya pertandingan di awal babak extra time atau perpanjangan waktu. Sergio Ramos dkk. masih tak lelah melancarkan serangan demi serangan ke pertahanan Rusia yang masih solid.

Spanyol sebenarnya mendapatkan peluang untuk kembali unggul di menit ke-105 melalui sundulan kepala Gerard Pique. Namun kiper Rusia, Igor Akinfeev, masih sigap mengamankan gawangnya. Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama extra time berakhir.

Di babak kedua extra time, Spanyol lagi-lagi mendapatkan kesempatan menjebol gawang Rusia. Kali ini, giliran Daniel Carvajal yang mendapatkan peluang terbuka kala berhadapan satu lawan satu dengan kiper Rusia, Igor Akinfeev, pada menit ke-109. Sayang, sepakan kerasnya masih mampu ditepis penjaga gawang tim Beruang Merah, julukan Rusia.

Ketegangan sempat terjadi di menit ke-115 tatkala para pemain Spanyol menuntut wasit memberikan hadiah penalti akrena menganggap salah satu pemain Rusia melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Namun dengan bantuan video assitance refree (VAR), wasit memutuskan tak memberikan penalti kepada Spanyol.

Di detik-detik terakhir, Spanyol kembali mendapatkan peluang emas melalui sepakan Rodrigo. Lagi-lagi, peluang emas itu mentah dan skor masih imbang 1-1. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan dan memaksa kedua tim untuk melakukan adu penalti.

 Di babak adu penalti, Spanyol harus mengakui keunggulan Rusia. Spanyol kalah dalam adu penalti dengan skor 4-3 setelah dua eksekutornya, Koke dan Iago Aspas, gagal melaksanakan tugasnya.

Koke, sebagai penendang ketiga, tak mampu memperdayai kiper Rusia yang mampu menepis tendangannya. Sedangkan Iago Aspas sebagai penendang kelima tak mampu mengarahkan bola ke gawang dan justru melenceng dari target. Spanyol mencetak tiga gol dalam adu penalti melalui Iniesta sebagai penendang pertama, Pique sebagai penedang kedua, dan Ramos sebagai penendang keempat.

Sementara itu, empat eksekutor dari Rusia berhasil menjalankan tugasnya. Keempat eksekutor itu adalah Fyodor Smolov, Sergei Ignashevich, Aleksandr Golovin, dan Denis Cheryshev.

Dengan hasil itu, Rusia berhasil lolos ke Babak 8 Besar Piala Dunia 2018. Sedangkan Spanyol yang dua pemainnya tak mampu mencetak gol lewat titik putih harus pulang kampung lebih cepat.


Susunan pemain:

Spanyol (4-2-3-1):
David De Gea (GK); Nacho Fernandez (Daniel Carvajal 71'), Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets; David Silva (Andres Iniesta 67'), Marco Asensio (Rodrigo 104'), Isco; Diego Costa (Iago Aspas 80').
Pelatih: Fernando Hierro.

Rusia (3-4-2-1):
Igor Akinfeev (GK); Fedor Kudrayshov, Sergei Ignashevich, Ilya Kutepov; Yuri Zhirkov (Vladimir Granat 46'), Roman Zobnin, Daler Kuzyaev (Aleksandr Yerokhin 97'), Mario Fernandes; Aleksandr Golovin, Aleksandr Samedov (Denis Cheryshev 61'); Artem Dzyuba (Fyodor Smolov 65').
Pelatih: Stanislav Cherchesov.

Tokopedia