Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 Lawan Laos, Saghara Ujung Tombak

Timnas Indonesia U/19 (Pssi.org)
01 Juli 2018 18:45 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Laga perdana Grup A Piala AFF U-19 antara timnas Indonesia vs Laos di Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (1/7/2018) pukul 19.00 WIB, akan ditayangkan live di Indosiar. Selain melalui layar kaca, laga ini juga bisa diakses melalui live streaming di situs resmi PSSI, pssi.org.

Dalam laga perdana ini, Indonesia wajib menang karena status Laos sebagai tim terlemah di Grup A. Tiga poin dari kemenangan malam ini akan menjadi modal berharga menghadapi lawan berikutnya di grup A, yaitu Singapura, Filipina, dan yang paling berat melawan Vietnam dan Thailand.

PSSI melalui akun Twitter @PSSI merilis starting XI atau susunan pemain timnas Indonesia U-19 yang akan menghadapi Laos malam ini. Berikut susunannya:

Agak berbeda dari prediksi sebelumnya, Indra Sjafri akan menempatkan Hanis Saghara sebagai ujung tombak. Saghara akan diapit Witan dan Saddil Ramdani. Sedangkan di bawah mistar gawang, Indra memilih Riyandi sebagai kiper dan mencadangkan M Aqil Savik.

Sementara itu, di posisi back four, Indra Sjafri memasang Firza Andika, Kadek, Nurhidayat Haji Haris, dan Asnawai. Sedangkan M. Firly dan Samuel Simanjuntak berada di bench. Abimanyu, Luhtfi Kamal, dan Todd Rivaldo, akan mengisi lini tengah. Abimanyu mengisi posisi Witan yang didorong ke depan.

starting xi indonesia u-19

Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri mengatakan bahwa timnya sudah siap tempur melawan Laos. "Kami tak ingin meremehkan Laos, Filipina atau Singapura. Kami rasa mereka juga tim yang kuat dan harus diwaspadai selain Thailand dan Vietnam," ungkap Indra dilansir Pssi.org.

Menurut Indra, sejak awal dirinya juga sudah menekankan kepada pemainnya agar momentum Piala AFF U-19 dimanfaatkan untuk menambah pengalaman bermain. Termasuk jam terbang mereka di level internasional.

Sementara itu, asisten pelatih Timnas U-19, Miftahudin, mengatakan selama latihan, secara umum kualitas pemain sudah lebih baik ketimbang pada training center (TC) pertama saat awal Ramadan lalu. Indonesia sedang fokus memperkuat sistem pertahanan dan variasi serangan.

"Kami terus asah permainan anak-anak. Pertahanan kami poles lagi agar semakin kuat, begitu juga variasi serangan kita. Laos dari tengah ke belakang mereka punya kemampuan yang bagus dan kita waspadai serangan balik mereka," kata Miftahudin.

"Dari pertemuan sebelumnya, counter attack Laos sangat berbahaya. Kami harus memperbaiki pertahanan kami jika ingin meraih hasil maksimal. Kalau kekurangan itu dieksploitasi lawan, kami bisa kecolongan," tambahnya.

Sementara itu, pelatih Laos, Chusack Sriphum, mengaku tak takut menghadapi Indonesia. Dia juga menyatakan ambisinya untuk memenangkan setiap pertandingan yang mereka jalani, tak terkecuali saat melawan Indonesia. "Kami sudah melakukan persiapan yang maksimal untuk menghadapi Piala AFF U-19 tahun ini. Semoga kami dinaungi keberuntungan," kata Sriphum.

Indonesia U-19 dan Laos U-19 pernah bersua pada 18 September 2016 lalu. Saat itu, Laos menyerah 1-3 dari Indonesia. Meski demikian, komposisi pemain kedua tim saat itu sudah berbeda dengan saat ini.

Prediksi line up:

Indonesia (4-3-3)
M Aqil Savik
Firza Andika, Nurhidayat Haji Haris, M. Firly, Samuel Simanjuntak
M Lutfhi Kamal, Syahrian Abimanyu, Witan Sualeman
Feby Eka, M Rafli, Saddil Ramdani

Pelatih: Indra Sjafri

Laos (3-5-2)
Kitom Venvongsot
Kittisak Phomvongsa, Chitpasong Latthachack, Mek Insoumang
Boualapha Chalernsouk, Chanthachone Thinolath, Kiengthavesak Xayxanapanya, Onkeo khamsouliy, Phasao Sinonalath 
Phoutthasone Vongkosin, Thatsaphone Saysouk

Pelatih: Chusak Sriphum