Piala AFF U-19: 25 Tembakan, Indonesia Vs Laos Berakhir 1-0

Indonesia vs Laos di Piala AFF U-19. (Twitter - PSSI)
01 Juli 2018 21:11 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO -- Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan pertama dalam laga Grup A melawan Laos di Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (1/7/2018) malam. Namun, Indonesia hanya berhasil menyarangkan 1 gol dalam laga itu meski tampil sangat dominan sepanjang 90 menit.

Dominasi itu tampak dari 25 tembakan yang dilepaskan pemain Indonesia. Jumlah ini sangat jomplang dibandingkan total upaya Laos yang hanya menghasilkan 4 tembakan. Sejak babak pertama, Indonesia sudah tampil menekan dengan umpan-umpan pendek untuk menembus pertahanan Laos. Serangan bertubi-tubi dilancarkan dari tengah dan sayap kanan-kiri bergantian yang dimotori Syahrian Abimanyu dan Saddil Ramdani.

Rangkaian serangan baru membuahkan hasil pada menit 30. Berawal dari serangan balik cepat yang dibangun Abimanyu dari tengah dilanjutkan dengan umpan ke arah Witan yang melepaskan bola pelan namun terukur ke gawang Laos. Kiper Laos, Kitom Venvongsot, tak mampu berbuat banyak melihat bola masuk ke gawangnya. Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum dan akhir babak kedua.

Meski tak mampu menambah gol, serangan Indonesia yang sistematis terus dilancarkan. Bahkan saat pelatih Indra Sjafri menarik Witan pada menit 59, serangan tak juga mengendur. Aji Kusuma yang menggantikan Witan tampil percaya diri dan berkali-kali mengancam gawang Kitom.

Babak 1

Pada menit 3, Saddil menusuk dari sisi kanan dan melepaskan umpan silang. Sayang tak ada rekannya yang menyambut bola. Semenit kemudian, mendapat umpan dari tengah, Witan melepaskan tendangan dalam sudut sempit dari luar kotak penalti namun masih meleset dari target. Tak lama kemudian, Witan kembali melepaskan tendangan keras namun tak mengarah ke gawang setelah mendapatkan umpan dari Saddil Ramdani.

Menit 10, gelombang serangan Indonesia kembali datang. Operan dari Abimanyu, Saddil, lalu melebar ke Witan, dikembalikan ke tengah dan diakhiri tendangan keras jarak jauh dari Abimanyu. Sayang, bola masih mengarah ke sisi kiri luar gawang Laos.

Menit 13, kemelut terjadi di depan gawang Laos, namun sayang bola masih mampu diblok barisan pertahanan Laos. Semenit kemudian, tendangan jarak jauh Indonesia benar-benar mengarah ke gawang, namun bisa ditepis kiper Laos.

Pada menit 15, tendangan sudut Saddil sisi kanan pertahanan Laos yang memantul bisa ditangkap kiper Laos, Kitom. Saddil Ramdani menusuk melalui sayap kanan lalu melepaskan umpan ke tengah ke arah Abimanyu dan diakhiri tendangan geledek. Bola tipis melayang di atas mistar gawang.

Tusukan bertubi-tubi terus dilakukan oleh Abimanyu dan Saghara. Terakhir, Abimanyu melakukan tusukan ke depan gawang dan melepaskan umpan pendek ke Saghara. Sayang bola berhasil dihalau bek Laos.

Serangan Laos menit 30 sempat merepotkan bek Indonesia. Namun Indonesia langsung merespons melalui serangan balik yang dimotori oleh Abimanyu dari tengah. Abimanyu dengan cepat melepaskan umpan ke Witan yang berlari bebas. Witan menusuk ke sisi kanan pertahanan Laos dan melepas bola dengan plessing dari sudut sempit dan gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pada menit 39, kerja sama antara Saddil dan Saghara diakhiri tembakan langsung ke gawang oleh Abimanyu. Namun tendangan belum mencapai target. Hingga menit 45, serangan bertubi-tubi kembali dilancarkan Indonesia. Lagi-lagi, aktornya adalah Saddil, Abimanyu, dan Saghara. Saghara dan Abimanyu bergantian melepas tembakan, namun belum tepat mengarah ke gawang.

Sayangnya menjelang turun minum, kiper Indonesia Riyandi melakukan blunder dengan salah mengantisi bola. Beruntung, barisan pertahanan Indonesia masih bisa melakukan clearence sehingga tak berujung gol.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Indonesia masih terus menekan. Meski mulai menurunkan tempo, Saddil Ramdani cs masih mampu melancarkan serangan bertubi-tubi ke daerah pertahanan Laos.

Osvaldo melakukan ancaman pertamanya pada menit 56. Mendapatkan bola dari tengah, Osvaldo menusuk ke sisi kiri pertahanan Laos sebelum melepas tendangan keras. Sayang, bola gagal menembus gawang Kitom. Menit 61, Osvaldo melepaskan through pass ke Aji Kusuma. Namun bola tembakan Aji masih mampu ditangkap Kitom. Tak lama kemudian, Aji kembali melepaskan bola lambung yang ditujukan ke tiang jauh gawang Laos, namun bola terlalu tinggi.

Pada menit 70, Aji Kusuma menjadi sasaran pelanggaran keras saat menggiring bola sendirian mendekati pertahanan Laos. Tendangan bebas yang dilepaskan Aji nyaris menjebol gawang Laos. Aji kembali dilanggar di dekat kotak terlarang pada menit 73. Sayang, tendangan bebas Saddil belum juga menemui sasaran.

Saddil tampil sangat dominan di barisan serang Indonesia. Berkali-kali dia melepaskan umpan terobosan dan umpan silang pendek ke depan gawang Laos. Namun, upaya itu selalu diblok bek lawan. Pada menit 82, Syahrian Abimanyu bermain satu-dua dengan Feby Eka. Namun Feby yang tinggal berhadapan dengan Kitom Venvongsot gagal mencetak gol.

Upaya terakhir Indonesia dilakukan melalui Rivaldo yang menggiring bola sendirian, namun dilanggar dari belakang oleh gelandang Laos. Namun, tak ada gol tercipta hingga wasit meniup peluit panjang.

Tokopedia