Masih Imbang, Kroasia vs Denmark Ditentukan Lewat Adu Penalti

Modric gagal menaklukan Kasper Schmeichel dalam kesempatan eksekusi penalti. (Reuters)
02 Juli 2018 03:34 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, NIZHNY NOVGOROD - Kroasia menghadapi Denmark di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Bermain di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (2/7/2018) kedua tim tampil ngotot sejak awal laga dengan sama-sama mencetak satu gol di awal laga. Skor ini bertahan hingga 90 menit dan akhir pertambahan waktu.

90 Menit

Denmark langsung mengagetkan di awal babak pertama. Berawal dari lemparan bebas, Thomas Delaney berhasil mengontrol bola di kotak penalti dan menyodorkannya pada Mathias Joergensen. Dengan tenang Joergensen mengirimkan tendangan mendatar ke arah gawang yang berbuah gol di menit ke-2.

Dua menit kemudian, Kroasia langsung membalas tuntas gol tersebut lewat Mario Mandzukic. Berawal Denmark yang menghalau umpan silang dari sayap kanan Kroasia, bola justru mengenai muka Andreas Christensen dan kemudian jatuh ke kaki Mandzukic. Pemain Juventus itu kemudian membawa Kroasia menyamakan kedudukan dengan sepakan kerasnya.

Namun setelah dua gol mengejutkan itu, kedua tim kesulitan untuk menciptakan peluang. Kroasia yang memiliki penguasaan bola lebih dari 60 persen dengan nyaman mengontrol ritme permainan, tapi gagal memberi umpan-umpan yang bagus ke dalam kotak penalti.

Ketika peluang itu ada, kedua tim tak memanfaatkannya dengan tendangan yang tajam. Skor 1-1 pun bertahan hingga jeda turun minum.

Pada babak kedua, Kroasia langsung mengambil alih permainan. Melalui umpan-umpan pendek mereka mulai membangun serangan ke daerah pertahanan Denmark. Akan tetapi barisan belakang tim Dinamit masih cukup solid untuk ditembus para penyerang Kroasia.

Denmark mulai berbalik menekan, tetapi usaha mereka terus mengalami kebuntuan karena umpan akhir yang buruk dari lini kedua mereka. Hasilnya, para pemain Denmark kembali gagal untuk menciptakan peluang di babak kedua ini.

Kesalahan umpan lini pertahanan Denmark membuat Kroasia berhasil mendapatkan bola dengan mudah di tengah lapanga. Kroasia kembali menekan secara perlahan dan memanfaatkan lebar lapangan sebagai rekan. Usaha mereka mulai membuahkan hasil. Beberapa kali manuver rakitic dari sisi kiri lapangan cukup membuat repot para pemain bertahan Denmark.

Meski sama-sama tampil menyerang pada babak kedua, Kroasia dan Denmark belum mampu menambah keunggulan. Skor 1-1 pun masih bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Alhasil, pertandingan pun dilanjutkan pada babak tambahan waktu untuk menemukan pemenang dari laga tersebut.

Babak Tambahan

Kroasia lebih dominan di babak pertambahan waktu.Tapi ketangguhan lini belakang Denmark membuat pertandingan berakhir tanpa gol. 

Denmark mencoba berbalik menekan. Umpan silang Eriksen gagal dijangkau N. Jorgensen, Braithwaite kehilangan kesempatan menendang dan memilih mengirimkan umpan silang. Bola berhasil dibendung tetapi Knudsen membantu dari belakang. Beruntung Lovren berada di tempat tepat untuk memblok bola.  

Schmeichel akhirnya mendapatkan ujian dengan bola silang yang berbelok arah. Beruntung bola hanya menerpa jala bagian atas.

Hingga babak pertama pertambahan waktu, skor 1-1 masih bertahan,

Kedua tim tampak enggan ,mengakhiri pertandingan dengan adu penalti. Alhasil, pemain bertipe penyerang dimasukkan di awal babak kedua pertambahan waktu.

Denmark memasukkan Sisto sedangkan Kroasia menarik keluar Mandzukic untuk menempatkan striker yang lebih fresh, Milan Badelj.

Bagi Kroasia, pergantian ini rupanya hampir berbuah hasil. Luca Modric mengirim umpah terobosan untuk Rebic yang akhirnya dijatuhkan Jorgensen di kotak penalti. Kroasia mendapat penalti dan Jorgensen diganjar kartu kuning.

Sayang, Modric yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti tak mampu menuntaskan dengan baik. Tendangannya diblok mampu diantisipasi Schmeichel yang sedari awal memang bermain cemerlang.

Hingga babak tambahan berakhir kedua tim masih bermain 1-1. Laga berlanjut adu penalti.

Susunan pemain Kroasia vs Denmark;

Denmark (4-1-4-1) Kiper: Kasper Schmeichel; Bek: Henrik Dalsgaard, Simon Kjaer, Jonas Knudsen, Mathias Jorgensen; Gelandang: Andreas Christensen (L. Schöne 46’); Martin Braithwaite (P. Sisto 106'), Thomas Delaney, (M. Krohn-Deli 98') Christian Eriksen, Yussuf Poulsen; Striker: Andreas Cornelius (N. Jorgensen 66’)

Kroasia (4-2-3-1) Kiper: Danijel Subasic; Bek: Sime Vrsaljko, Ivan Strinic (J. Pivaric 81’), Dejan Lovren, Domagoj Vida; Gelandang: Marcelo Brozovic (M.Kovacic 71’), Ivan Rakitic; Ivan Perisic (A. Kramaric), Luka Modric, Ante Rebic; Striker: Mario Mandzukic (M. Badelj 107')

Tokopedia