Spanyol Tersingkir, Iniesta Pensiun dari Timnas

Andres Iniesta (Reuters/Albert Gea)
02 Juli 2018 09:30 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Spanyol dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2018. Juara Dunia 2010 itu gagal melaju jauh setelah dibekuk tuan rumah Rusia di babak 16 Besar melalui adu penalti di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7/2018) malam WIB.

Spanyol sebenarnya mampu unggul lebih dulu di laga itu setelah Sergei Ignashevich membuat gol bunuh diri di menit ke-12. Namun, Rusia mampu membalas melalui penalti Artem Dzyuba. Skor imbang 1-1 itu bertahan hingga waktu normal dan babak perpanjangan waktu berakhir.

Pertandingan berlanjut ke babak adu penalti. Dua dari lima penendang Spanyol gagal menuntaskan tugasnya dengan baik. Sementara empat penendang pertama Rusia sukses membobol gawang David De Gea. Rusia melaju ke prempatfinal, Spanyol angkat koper.

Setelah Spanyol resmi tersingkir, gelandang gaek Andres Iniesta langsung membuat keputusan pensiun dari timnas. Maklum, Iniesta sudah berusia 34 tahun. Dia pun memilih fokus dengan klubnya. Iniesta akan berlaga di Liga Jepang pada musim depan setelah meninggalkan Barcelona.

"Ini adalah pertandingan terakhir saya untuk Spanyol. Mantra yang luar biasa sudah berakhir. Terkadang akhirnya tidak seperti yang diinginkan," kata Iniesta seperti dikutip dari Espn.com, Senin (2/7/2018).

Iniesta sudah mengantongi 131 penampilan bersama Timnas Spanyol. Dia pun menjadi pemain keempat dengan caps terbanyak bersama La Furia Roja. Dia berada di belakang Iker Casillas, Sergio Ramos, dan Xavi Hernandez.

Iniesta total sudah membuat 13 gol untuk Spanyol, termasuk gol kemenangannya saat membawa Tim Matador menjuarai Piala Dunia 2010. "Ini buruk, itu sulit." tutur Iniesta soal Spanyol yang tersingkir dari Piala Dunia 2018.