Sudah Saatnya Messi-Ronaldo Pensiun dari Timnas?

Stiker Portugal, Cristiano Ronaldo, merayakan gol ke gawang Maroko. (Reuters)
02 Juli 2018 14:00 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Selalu diadu, selalu dibanding-bandingkan. Inilah yang sering terjadi pada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Di tataran klub, mereka silih berganti mempersembahkan trofi dan meraih gelar pemain terbaik. Persaingan Real Madrid dan Barcelona di kompetisi domestik dan Eropa kian memperuncing perdebatan siapa yang lebih baik di antara mereka.

Namun Ronaldo dan Messi mendadak memiliki banyak kesamaan seusai bertanding di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Hanya selisih empat jam, keduanya dipaksa angkat koper dari Rusia setelah tim yang mereka bela takluk di fase knockout. Argentina yang dibela Messi keok 3-4 di tangan Prancis, sedangkan Portugal menyerah 1-2 dari Uruguay.

Edisi Piala Dunia keempat yang sama-sama sudah dilalui Messi dan Ronaldo ternyata belum cukup untuk membawa mereka berjaya dengan seragam timnas. Di Rusia, kedua pemain yang sama-sama menjabat kapten tim ini kembali dipaksa melihat kepahitan yang sepertinya terus berulang sejak 2006.

Messi sama sekali tak memberikan trofi meski sudah ditangani enam pelatih berbeda di Tim Tango. Prestasi terbaiknya hanyalah runner up Piala Dunia 2014. Saat itu dia juga meraih gelar Golden Ball 2014. Ronaldo tak lebih baik. Meski sempat mempersembahkan gelar Piala Eropa 2016, pencapaian terbaik CR7 di Piala Dunia hanyalah semifinal tahun 2006.

Godaan gantung sepatu dari timnas tentu mulai memenuhi benak Messi yang kini sudah berusia 31 tahun, apalagi Ronaldo yang berusia 33 tahun pada 5 Februari lalu. Bisa dibayangkan bagaimana performa mereka apabila memaksakan diri tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Messi sempat berujar hasil Piala Dunia 2018 bakal mempengaruhi masa depannya di Timnas Argentina. Tak menutup kemungkinan kegagalan di Rusia akan menjadikan ini sebagai Piala Dunia terakhir Messi, pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Albiceleste dengan 64 gol.

“Kami semua terluka, terutama Leo [Messi]. Dia orang yang paling terluka karena semua tekanan yang diterimanya setiap kali bermain di tim nasional,” kata Aguero dilansir ESPN, Minggu (1/7/2018).

Sementara itu Ronaldo tampak gamang untuk segera memastikan masa depannya di Seleccao das Quinas. Pelatih Portugal, Fernando Santos, sendiri sudah membujuk sang pemain agar mau bertahan lebih lama di tim. “Ini bukan saatnya bicara soal masa depan, baik pemain dan pelatih,” ujar Ronaldo seperti dikutip Marca. 

Tokopedia