Piala Dunia 2018: Mimpi Meksiko ke Perempatfinal Terganjal Brasil

Meksiko (Reuters/KaiPfaffenbach)
02 Juli 2018 14:30 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA – Orang-orang Meksiko biasa menyebut perempatfinal Piala Dunia dengan istilah laga kelima alias quinto partido. Sebab perempatfinal merupakan pertandingan kelima di turnamen terakbar di dunia tersebut, setelah tiga kali di fase grup dan sekali di babak 16 Besar Piala Dunia 2018.

Namun, jangan sering-sering menyebut quinto partido di depan orang-orang Meksiko. Istilah itu bisa membuat mereka terbawa perasaan alias baper. Meksiko memang seperti dibuat trauma untuk bisa lolos ke perempatfinal. Tim berjuluk El Tri ini sebenarnya selalu lolos ke babak 16 besar dalam enam edisi Piala Dunia secara beruntun sebelumnya. Tapi celakanya, Meksiko tidak pernah bisa melanjutkannya ke perempatfinal.

Di Piala Dunia 2018, Meksiko akan berusaha menepis kutukan gagal lolos ke perempatfinal. Naasnya, lawan Meksiko di babak 16 besar bukan tim kacangan. Mereka adalah Brasil, pencetak rekor juara dunia lima kali. Brasil juga musuh bebuyutan bagi El Tri.

Pertemuan Brasil versus Meksiko berlangsung sangat intens. Laga babak 16 besar di Samara Arena, Samara, Senin (2/7/2018) pukul 21.00 WIB, bakal menjadi pertemuan kali ke-41 bagi kedua tim. Dalam 40 pertemuan sebelumnya, Meksiko hanya bisa meraih 10 kemenangan, sedangkan Brasil superior dengan mendulang 23 kemenangan. Kali terakhir Meksiko bisa menggebuk Brasil terjadi dalam laga persahabatan yang disaksikan 84.000 penonton di Cowboys Stadium, Arlington, Texas, Amerika Serikat pada 2012 alias enam tahun silam.

Meski demikian, semangat Meksiko melewati adangan Brasil kali ini sangat berlipat. Javier “Chicharito” Hernandez dkk. berkaca dari penampilan mereka selama fase grup. Dalam putaran Grup F, El Tri meraih dua kemenangan dan sekali kekalahan. Istimewanya, salah satu kemenangan itu diperoleh mereka dengan menundukkan juara bertahan Jerman 1-0 pada partai pembuka. Itu merupakan kemenangan pertama Meksiko melawan Jerman dalam sejarah pertemuan mereka di Piala Dunia sejak 1985.

“Kami termotivasi bawa kami sudah berada di fase knock-out, akan berjumpa Brasil dan hanya perlu satu kemenangan lagi mencapai laga kelima [quinto partido]. Kami juga tidak pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia sebelumnya, namun kami bisa mengalahkan mereka kali ini. Rekor melawan Brasil hanyalah statistik dan itu tidak ada dalam pikirkan kami saat kick-off dilakukan,” ujar kapten Meksiko, Andres Guardado, seperti dilansir Mysanantonio.com, Minggu (1/7/2018).