Piala Dunia 2018: Brasil Belajar dari Kegagalan Der Panzer

Timnas Brasil (Reuters/Andrew Boyers)
02 Juli 2018 15:30 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA — Tersingkirnya Jerman membuat Brasil berada di posisi teratas dalam daftar favorit juara di Piala Dunia 2018. Selecao, julukan Brasil, yang sebelumnya berada di urutan kedua setelah Jerman sebelum turnamen ini bergulir, kini paling difavoritkan bakal menyabet titel juara.

Akan tetapi, Brasil enggan besar kepala. Para pemain Selecao justru melihat tersingkirnya Jerman menggugah kewaspadaan mereka sebagai tim favorit. Gelandang Brasil, Casemiro, pun mengingatkan rekan-rekan setimnya untuk fokus ketika bertemu Meksiko pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Samara, Senin (2/7/2018) pukul 21.00 WIB.

“Seragam ini tidak menjamin Anda menang. Lihat saja Jerman. Dengan pemain-pemain yang mereka miliki, semuanya favorit, tapi mereka terdepak dari fase grup,” jelas Casemiro, seperti dilansir Bbc.com, Minggu (1/7/2018).

Tapi, Casemiro yakin Brasil bisa mengatasi tekanan sebagai tim favorit. “Kami rileks dengan semua itu. Semua pemain kami kelas top, favorit di klub masing-masing. Kami selalu respek, tenang, dan rendah hati. Kami harus bermain cantik mengalahkan Meksiko,” jelas dia.

Peran Casemiro sangat penting untuk menyeimbangkan pertahanan dan serangan Selecao. Dia dipasang sebagai gelandang bertahan untuk menempati salah satu double pivot. Itu mirip seperti perannya bersama Real Madrid.

"Saya sangat siap dan terbuka. Saya selalu katakan bahwa bos [Pelatih Brasil, Tite] memintaku untuk melakukan hal kurang lebih sama seperti di klub. Jika ada alasan mengapa saya di sini, itu karena saya telah melakukan tugas dengan baik dan karena dia percaya kepadaku," jelas Casemiro, seperti dikutip Fifa.com.

Casemiro juga mengingatkan rekan-rekannya untuk tidak terlalu bergantung pada Neymar. "Sepak bola bukan hanya satu atau dua pemain yang diperbincangkan. Tentu Neymar pemain yang tak meragukan di sini, tidak ada yang bisa disembunyikan dari hal itu. Namun jika Anda tidak memiliki tim yang bagus, Anda tidak bisa menang," ujarnya, seperti dikutip thenational.ae. 

Tokopedia