Brasil Vs Meksiko: Adu Para Pemain Berkecepatan Tinggi

Neymar Jr. dan Coutinho menjadi kunci kemenangan Brasil atas Kosta Rika. (Reuters - Max Rossi)
02 Juli 2018 16:30 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA — Beberapa pemain asal Meksiko yang memiliki kecepatan lari di atas rata-rata kerap dijuluki Speedy Gonzales. Tokoh kartun keluaran Warner Brothers tersebut digambarkan sebagai tikus bertubuh kecil asal Meksiko dengan kelebihan bisa berlari sangat kencang.

Jadi, Speedy Gonzalez cukup pas menjadi julukanpesepak bola Meksiko yang memiliki kecepatan lari. Nah, di Piala Dunia 2018 ini, beberapa pemain Meksiko juga menampakkan diri dengan kecepatan lari superkencang. Terdapat beberapa pemain yang jago dribel di kubu tim berjuluk El Tri, seperti Hirving Lozano, Carlos Vela, Hector Herrera, Edson Alvarez, dan Javier “Chicharito” Hernandez.

Mereka menempati lima besar pemain Meksiko yang memiliki rasio dribel tertinggi per laga di Piala Dunia 2018. Lozano berada di urutan teratas dengan rata-rata mengemas 3,3 dribel pertandingan. Dribel mautnya bisa dilihat ketika Meksiko menaklukkan Jerman dengan serangan balik pada laga perdana Grup F.

Nah, pemain-pemain Meksiko ala Speedy Gonzalez inilah yang perlu diwaspadai Brasil ketika dua tim ini bertemu pada babak 16 besar di Samara Arena, Samara, Senin (2/7/2018) pukul 21.00 WIB. Lozano cs. bisa menjadi senjata Meksiko untuk melakukan serangan balik bagi permainan Brasil yang diprediksi bakal dominan.

Meksiko cukup piawai memanfaatkan counter attack. Terbukti, dua dari tiga gol tim berjuluk El Tri di Piala Dunia kali ini berasal dari serangan balik. Pemain-pemain bertahan Brasil, seperti gelandang defensif Casemiro serta duet bek tengah Thiago Silva dan Miranda harus waspada membendung kecepatan mereka, jika tidak ingin timnya kebobolan.

Hanya, Brasil sepertinya tetap bisa tenang ketika melihat pertandingan terbaru Meksiko saat dipermalukan Swedia 0-3. Penyerang-penyerang El Tri tidak terlalu trengginas. Sebaliknya, Meksiko yang seharusnya waspada dengan pemain-pemain cepat Brasil. Selecao, julukan Brasil, juga memiliki pemain yang layak disebut Speedy Gonzales, salah satunya, Neymar.

Pemain termahal di dunia itu melakukan 42 dribel dalam tiga laga di fase grup. Dia juga tercatat sebagai pemain dengan peluang terbanyak selama fase grup, yakni 18 kali. Tapi Meksiko jangan hanya mewaspadai kecepatan dribel Neymar. El Tri waspada dengan aksi provokatif bintang Paris Saint Germain (PSG) di Samara Arena.

Meksiko memiliki pengalaman buruk ketika disingkirkan Belanda pada Piala Dunia 2014 lalu. Saat itu, aksi teatrikal Arjen Robben di menit-menit akhir membuat Meksiko diganjar hukuman penalti yang akhirnya menggagalkan mereka lolos ke perempat final. Namun,Meksiko percaya kali ini wasit tidak akan mentolelir aksi berpura-pura menyusul diterapkannya Video Assistant Referee (VAR).

“Kami semua tahu Neymar seperti apa, namun itu tidak bergantung penilaian saya dan rekan-rekanku, tapi penilaian wasit dan FIFA. Sekarang ada VAR, mereka harus menyaksikan gerik-geriknya dan tahu bagaimana mengatasinya,” jelas pemain Meksiko, Andres Guardado, seperti dilansir mysanantonio.com, Minggu (1/7/2018).