Brasil vs Meksiko: Ochoa Sulit Ditembus, Tak Ada Gol di Babak Pertama

Neymar membuka peluang setelah mengecoh pertahana Meksiko. (Reuters)
02 Juli 2018 21:50 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA - Gelombang serangan Brasil tertahan barisan pertahanan Meksiko di babak pertama laga 16 besar Piala Dunia 2018. Di pertandingan yang berlangsung di Samara Arena, Samara, Rusia, Senin (2/7/2018), Brasil menghasilkan tujuh tendangan ke gawang dengan tiga diantaranya mengarah target.

Sayang, rapatnya pertahanan Meksiko ditambah kegemilangan sang kiper, Guillermo Ochoa, membuat Brasil tak mampu mencetak gol. Hingga laga usai, Brasil vs Meksiko masih 0-0.

Babak Pertama

Peluit dibunyikan, kedua tim langsung bermain terbuka sejak pertandingan dimulai. Baik Brasil dan Meksiko langsung melancarkan serangan tanpa melakukan penguasaan bola di lapangan tengah, untuk mengincar gol terlebih dahulu.

Meski begitu, hampir di 20 menit awal babak pertama, Meksiko jauh lebih sering membahayakan gawang Brasil yang dikawal Alisson Becker. Beruntung bagi Seleccao –julukan Timnas Brasil, karena masih mampu mengatasi serangn demi serangan yang dilancarkan Meksiko pada laga tersebut.

Meksiko patut berterima kasih kepada Ochoa yang berhasil menjaga gawang El Tri tidak kebobolan di babak pertama. Total, Ochoa melakukan tiga penyelamatan penting di babak pertama.

Salah satu penyelematan penting Ochoa terjadi pada menit ke-25 ketika menggagalkan peluang Neymar. Penyerang Paris Saint-Germain itu berhasil melewati dua pemain Meksiko dan melepaskan tendangan dari sudut sempit, tapi diblok Ochoa.

  • Solo run Neymar nyaris membuahkan gol. (Reuters)

Pada menit ke-33 giliran tendangan Gabriel Jesus diblok Ochoa. Setelah melakukan drive ke dalam kotak penalti Meksiko, Jesus melepaskan tendangan mendatar yang berhasil diblok Ochoa. Bola rebound juga tidak mampu dimanfaatkan Coutinho.

Jual beli serangan tidak henti-hentinya diperlihatkan oleh kedua tim di babak pertama pertandingan kali ini. Keinginan untuk mencetak gol pertama kali tentu menjadi prioritas utama kedua tim untuk mendapatkan keuntungan melalui waktu yang tersisa.

  • Guillermo Ochoa membuat penyerang Brasil kesulitan membobol gawang. (Reuters)

Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta. Kedua tim saling melakukan serangan, namun buruknya penyelesaian akhir menjadi alasan mengapa Brasil dan Meksiko gagal membuat gol.

Susunan pemain Brasil vs Meksiko

Brasil (4-3-3) Kiper: Alisson Becker; Bek: Thiago Silva, Miranda, Felipe Luis, Fagner; Gelandang: Casemiro, Paulinho, Philippe Coutinho; Striker: Willian, Neymar, Gabriel Jesus

Meksiko (4-3-3) Kiper: Guillermo Ochoa; Bek: Carlos Salcedo, Hugo Ayala, Jesus Gallardo, Edson Alvarez; Gelandang: Rafael Marquez, Hector Herrera, Andres Guardado; Striker: Carlos Vela, Hirving Lozano, Javier "Chicarito" Hernandez