Brasil vs Meksiko 2-0: Neymar & Firmino Bawa Seleccao ke Perempat Final

Pemain Brasil, Neymar dan Paulinho, merayakan gol ke gawang Meksiko. (Reuters)
02 Juli 2018 22:49 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA - Gelombang serangan Brasil sempat tertahan barisan pertahanan Meksiko di babak pertama laga 16 besar Piala Dunia 2018. Di pertandingan yang berlangsung di Samara Arena, Samara, Rusia, Senin (2/7/2018), Brasil mengakhiri laga dengan kemenangan meyakinkan 2-0.

Rapatnya pertahanan Meksiko ditambah kegemilangan sang kiper, Guillermo Ochoa, membuat Brasil kesulitan mencetak gol. Beruntung, megabintang Brasil Neymar bermain gemilang. Satu gol dan satu assist-nya membuat Brasil menang 2-0.

Babak Pertama

Peluit dibunyikan, kedua tim langsung bermain terbuka sejak pertandingan dimulai. Baik Brasil dan Meksiko langsung melancarkan serangan tanpa melakukan penguasaan bola di lapangan tengah, untuk mengincar gol terlebih dahulu.

Meski begitu, hampir di 20 menit awal babak pertama, Meksiko jauh lebih sering membahayakan gawang Brasil yang dikawal Alisson Becker. Beruntung bagi Seleccao –julukan Timnas Brasil, karena masih mampu mengatasi serangn demi serangan yang dilancarkan Meksiko pada laga tersebut.

Meksiko patut berterima kasih kepada Ochoa yang berhasil menjaga gawang El Tri tidak kebobolan di babak pertama. Total, Ochoa melakukan tiga penyelamatan penting di babak pertama.

Salah satu penyelematan penting Ochoa terjadi pada menit ke-25 ketika menggagalkan peluang Neymar. Penyerang Paris Saint-Germain itu berhasil melewati dua pemain Meksiko dan melepaskan tendangan dari sudut sempit, tapi diblok Ochoa.

  • Solo run Neymar nyaris membuahkan gol. (Reuters)

Pada menit ke-33 giliran tendangan Gabriel Jesus diblok Ochoa. Setelah melakukan drive ke dalam kotak penalti Meksiko, Jesus melepaskan tendangan mendatar yang berhasil diblok Ochoa. Bola rebound juga tidak mampu dimanfaatkan Coutinho.

Jual beli serangan tidak henti-hentinya diperlihatkan oleh kedua tim di babak pertama pertandingan kali ini. Keinginan untuk mencetak gol pertama kali tentu menjadi prioritas utama kedua tim untuk mendapatkan keuntungan melalui waktu yang tersisa.

  • Guillermo Ochoa membuat penyerang Brasil kesulitan membobol gawang. (Reuters)

Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta. Kedua tim saling melakukan serangan, namun buruknya penyelesaian akhir menjadi alasan mengapa Brasil dan Meksiko gagal membuat gol.

Babak Kedua

Brasil kembali mengambil inisiatif menyerang. Babak kedua baru berlangsung tiga menit, Coutinho menusuk dari kiri ke tengah dan melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti tetapi digagalkan Ochoa.

Usaha Brasil akhirnya berbuah hasil. Mendapat umpan dari Neymar, aksi brilian Willian membelah pertahanan Meksiko. Sang winger mengirimkan bola ke tengah yang didorong Neymar di depan gawang. 1-0 untuk Brasil.

  • Neymar mencetak gol setelah mendapat umpan manis dari Willian. (Reuters)


Meksiko mencoba merespon namun serangan yang mereka lancarkan hanya berbuah tendangan sudut setelah Silva melakukan tekel jitu terhadap Vela di tiang dekat.

Brasil tampak bermain lebih tenang. Seleccao pintar membaca situasi, mereka tidak memaksakan menyerang total ketika kondisi tidak mendukung. Sebaliknya, saat para pemain Meksiko di luar posisi tim Samba mendorong banyak pemain ke depan.

Di tengah gencarnya serangan Brasil, Ochoa terus menunjukkan kehebatannya. Paulinho melakukan tendangan memanfaatkan bola liar. Dengan sigap Ochoa menepis tendangan Paulinho.

Aksi Ochoa selanjutnya terjadi di menit 64. Willian kembali hadirkan masalah di benteng pertahanan Meksiko tetapi tembakannya mampu kembali diblok Ochoa.

Empat menit kemudian, Meksiko kehilangan bola dan Brasil melancarkan serangan balik melalui Willian yang melakukan tusukan ke kotak penalti. Bola lalu disodorkan pada Neymar dan tembakannya mengenai bek El Tri dan tipis menyamping ke sisi gawang.

Drama terjadi di menit 71. Neymar mendapat injakan dari Layun dan terguling-guling di tengah lapangan. Sang bintang menutup muka kesakitan.

 

  • Neymar tampak kesakitan setelah mendapat injakan dari Layun. (Reuters)

Brasil semakin nyaman memainkan bola. Berulangkali Neymar cs. mencoba menembus pertahanan Ochoa lewat aksi individu.

Tak mau mengendurkan serangan, pelatih Brasil, Tite, memasukkan Firmino menggantikan Coutinho di menit 86. Keputusan Tite terbukti tepat. Firmino berhasil mencetak gol dua menit setelah masuk lapangan. Pemain bernama lengkap  Roberto Firmino Barbosa de Oliveira ini menyodok bola mentah hasil tendangan Neymar. Brasil unggul 2-0.

Ketinggalan dua gol, Meksiko tampak panik. Pemainnnya, Guardado mendapat kartu kuning karena melancarkan protes keras terhadap wasit.

Agresifitas Meksiko di akhir laga tak berarti apa-apa. Brasil mengakhiri laga dengan kemenangan 2-0. Neymar cs. lolos ke perempat final dan menunggu salah satu dari Berlgia dan Jepang yang akan berlaga dini hari nanti.

Susunan pemain Brasil vs Meksiko

Brasil (4-3-3) Kiper: Alisson Becker; Bek: Thiago Silva, Miranda, Felipe Luis, Fagner; Gelandang: Casemiro, Paulinho (Fernandinho 80'), Philippe Coutinho (Roberto Firmino 86'); Striker: Willian, Neymar, Gabriel Jesus

Meksiko (4-3-3) Kiper: Guillermo Ochoa; Bek: Carlos Salcedo, Hugo Ayala, Jesus Gallardo, Edson Alvarez (Jonathan do Santos 55'); Gelandang: Rafael Marquez (Miguel Layun 46'), Hector Herrera, Andres Guardado; Striker: Carlos Vela, Hirving Lozano, Javier "Chicarito" Hernandez (Raul Jimenez 60')

Tokopedia