Piala AFF U-19: Thailand Vs Vietnam Imbang, Indonesia Puncaki Grup A

Gelandang Indonesia U19 Todd Rivaldo Alberth Ferre (kanan) menggiring bola dibayangi pemain Laos U19 Phimmasone Champathong (kiri) dalam penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Minggu (1/7 - 2018). (Antara / Zabur Karuru)
02 Juli 2018 06:00 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO -- Tampil terus menekan sepanjang laga, Timnas Indonesia U-19 hanya mampu menang tipis 1-0 kontra Laos di laga perdana Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (1/7/2018).

Gol sematang wayang anak asuh Indra Sjafri dicetak Witan Sulaeman. Dengan mengandalkan umpan satu-dua, Witan mampu mengelabui bek dan kiper Laos untuk membawa Garuda Nusantara, julukan Timnas U-19 unggul 1-0 pada menit ke-29.

Sepanjang babak pertama dan kedua, Timnas U-19 mengurung pertahanan Laos. Laos menerapkan strategi parkir bus untuk menahan gempuran Witan Sulaeman dkk. Syahrian Abimanyu tercatat lebih dari tiga kali melepaskan syuting dari luar kotak penalti. Namun, bola hasil sepakan pemain Sriwijaya FC itu selalu berada di atas mistar gawang. Buruknya penyelesaian akhir membuat banyak peluang Timnas U-19 terbuang percuma.

Laos wajib berterima kasih kepada kiper mereka, Kitom Venvongsot, yang tampil cekatan untuk menyelamatkan gawangnya. Banyak tertekan, Laos hanya sesekali melancarkan serangan balik. Namun, upaya mereka tidak membuahkan hasil. Loas nyaris menciptakan gol akibat blunder kiper Timnas U-19 Muhammad Riyandi di akhir babak pertama. Beruntung blunder itu tidak berbuah gol untuk Laos.

Hasil itu membuat Timnas U-19 menempati posisi puncak klasemen sementara Grup A disusul Filipina. Indonesia dan Filipina sama-sama mengoleksi 3 poin. Di laga perdananya, Filipina mengalahkan Singapura dengan skor 2-1. Timnas U-19 bakal menghadapi Singapura pada Selasa (3/7/2018).

Sementara di laga sebelumnya, Thailand U-19 bermain imbang kontra Vietnam U-19. Menyandang status sebagai juara bertahan, Thailand U-19 hanya mampu bermain imbang 0-0 kontra Vietnam U-19 di laga perdana grup A Piala AFF U-19 yang digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Minggu sore.

Tokopedia