Sempat Tertinggal Dua Gol, Belgia Berbalik Gebuk Jepang 3-2

Perayaan gol Belgia. (Reuters)
03 Juli 2018 03:03 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, ROSTOV - Laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di  Rostov Arena, Rostov-on-Don, Rusia, Selasa (3/7/2018), betul-betul menjadi panggung Jepang. Di luar prediksi, Jepang justru merepotkan pertahanan Belgia. Skuad Samurai Biru bahkan sempat unggul 2-0 sebelum akhirnya dijungkirbalikkan Belgia.

Babak Pertama

Jepang bahkan hampir mencetak gol saat laga belum genap satu menit melalui Shinji Kagawa. Tapi, tendangan gelandang serang Borussia Dortmund itu masih tipis di sisi kanan gawang Belgia.

Belgia baru mulai mampu mendominasi permainan memasuki menit ke-25. Tim asuhan Roberto Martinez itu mulai mendapatkan ritme serangan dan hampir mencetak gol lewat Romelu Lukaku.

Memanfaatkan umpan silang Dries Mertens, Lukaku berhasil memenangi duel fisik melawan Maya Yoshida. Sayang, penyerang Manchester United itu gagal dalam penyelesaian akhir dan bola berhasil ditangkap kiper Eiji Kawashima.

Dua menit kemudian Eden Hazard mencoba peruntungan dari luar kotak penalti. Kawashima berhasil meninju bola hasil tendangan Hazard dan gawang Jepang pun kembali aman.

Permainan Jepang di babak pertama pantas mendapat acungan jempol. Tim Samurai Biru berani bermain terbuka melawan tim Belgia yang dihuni sejumlah pemain dengan teknik individu di atas rata-rata. Jepang tidak khawatir dengan serangan balik pemain dari Hazard, Kevin De Bruyne, atau Mertens.

Jepang bahkan nyaris mencetak gol pada menit ke-31 ketika sundulan Takashi Inui memanfaatkan umpan silang Yuto Nagatomo masih tepat ke pelukan kiper Thibaut Courtois.

Gawang Belgia nyaris kebobolan karena blunder Courtois pada menit ke-44. Berawal dari usaha Nagatomo melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, Yuya Osako berhasil mengubah arah bola.

Bola mengarah ke Courtois, tapi kiper Chelsea itu gagal menangkap dengan sempurna. Bola lepas dari tangkapan Courtois dan mengarah ke gawang. Beruntung bola tidak mengalir dengan deras ke gawang dan berhasil ditangkap Courtois.

Skor imbang tanpa gol bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Pada menit-menit awal babak kedua, Jepang secara mengejutkan mampu membuat dua gol. Gol-gol itu cukup membuat para pendukung tim berjuluk Samurai Biru tersebut untuk bersorak merayakannya.

Gol pertama Jepang terjadi saat laga baru berjalan tiga menit, saat serangan balik Jepang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Genki Haraguchi untuk membobol gawang Courtois. Pemain Jepang itu melepaskan tembakan keras terukur ke pojok kanan gawang Belgia.

Beberapa menit berselang, gol kedua Jepang pun hadir melalui kaki Takashi Inui yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti untuk menaklukkan Courtois kembali. Gol dari Inui pun semakin membuat Belgia memiliki kewajiban membuat gol atau mengalami kekalahan.

 

 

 

  • Kevin De Bruyne memotivasi rekan setim. (Reuters)

Pada menit ke-69, Jan Vertonghen akhirnya mampu menipiskan skor menjadi 1-2 saat sundulunnya gagal diantisipasi dengan baik oleh penjaga gawang Jepang, Eiji Kawashima. Berawal dari sepak pojok, hasil sapuan pemain jepang yang membuang bola justru jatuh ke arah Vertonghen dan pemain Tottenham Hotspur itu pun membuat gol pertama Belgia.

Pada menit ke-74, gol penyama kedudukan bagi Belgia akhirnya hadir melalui sundulan Marouane Fellaini. Fellaini yang baru masuk pada menit ke-65 saat menggantikan Dries Mertens, dapat memanfaatkan umpan Eden Hazard untuk membobol gawang Kawashima.

 

 

  • Gol Fellaini yang membuat mental Belgia terangkat. (Reuters)

Mendapatkan gol penyama skor, Belgia pun semakin bersemangat untuk membuat gol kemenangan. Pada injury time, gol itu pun tiba bagi Belgia saat Nacer Chadli membobol gawang Jepang melalui serangan balik mematikan. Belgia pun akhirnya menang dramatis atas Jepang dengan skor akhir 3-2.

  • Pemain Jepang tertunduk usai keadaan berbalik. (Reuters)

Susunan pemain

Belgia: Thibaut Courtois; Thomas Meunier, Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Yannick Carrasco (Nacer Chadli); Kevin De Bruyne, Alex Witsel; Dries Mertens (Marouane Fellaini), Romelu Lukaku, Eden Hazard.

Jepang: Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki (Hotaru Yamaguchi); Genki Haraguchi (Keisuke Honda), Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako.

Tokopedia