Iniesta Pensiun dari Timnas Spanyol, Pique Menyusul?

Gerard Pique (Reuters/Christian Hartmann)
03 Juli 2018 10:00 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, LUZHNIKI — Publik sepak bola agaknya bakal segera melihat wajah baru Timnas Spanyol tak lama lagi. Setelah Andres Iniesta memutuskan pensiun dari La Furia Roja seusai disingkirkan Rusia di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Gerard Pique dikabarkan segera menyusul gantung sepatu.

Kabar pensiunnya Pique seusai gelaran Piala Dunia sebenarnya sudah santer beredar sejak Januari 2018. Pique yang saat itu baru saja meneken kontrak baru dengan Barcelona hingga 2023 tiba-tiba mengungkapkan keinginan pensiun dari timnas meski usianya masih relatif muda. Februari lalu sang pemain genap berusia 31 tahun.

Empat tahun mendatang saat Piala Dunia di Qatar, Pique beranjak 35 tahun, umur yang terbilang masih ideal untuk ukuran pemain belakang. “Saya mendapat banyak hal saat membela timnas. Namun saya minta maaf, saya tidak akan bermain lagi setelah Piala Dunia di Rusia selesai,” ujar Pique kala itu, dilansir Marca.

Pique kembali ditanya mengenai masa depannya di timnas seusai tersingkir dari Piala Dunia, Minggu (2/7/2018) malam WIB. Namun pasangan dari penyanyi Shakira itu tak mengucapkan satu patah kata pun saat itu. Dia memilih meninggalkan wartawan dan langsung menuju mixed zone.

Pique sendiri menjadi salah satu pemain yang terakhir meninggalkan ruang ganti menuju bus tim. Meski tengah mendengarkan musik lewat headphone, mukanya tertekuk ketika melintasi kumpulan jurnalis.

Pique memang baru saja melalui laga yang buruk saat timnya keok 3-4 dalam adu penalti melawan Rusia (1-1 di waktu normal). Handball-nya di kotak terlarang membuat Rusia mampu menyamakan kedudukan lewat penalti Artem Dzyuba di menit ke-41. Padahal La Furia Roja unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Sergey Ignashevich di menit ke-12.

Spanyol jelas bakal kehilangan jantung pertahanan yang kokoh apabila Pique benar-benar pensiun setelah ini. Duet Pique bersama Sergio Ramos memang sulit digeser hampir satu dekade. Deputi mereka di Rusia, Cesar Azpilicueta, juga sudah tidak muda lagi.