Forsberg Pecah Kebuntuan, Swedia Taklukan Swiss 1-0

Swedia merayakan gol ke gawang Swiss. (Reuters)
03 Juli 2018 22:55 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAINT PETERSBURG - Laga pertempatfinal yang mempertemukan Swedia vs Swiss di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia, Selasa (3/7/2018), berlangsung monoton. Setelah melalui babak pertama tanpa gol, Swedia akhirnya mememangi pertandingan lewat gol tunggal Emil Fosberg.

Babak Pertama

Babak pertama dimulai, Swiss langsung melakukan inisiatif serangan via Xherdan Shaqiri. Dia melakukan tendangan, tetapi masih melebar di sisi kiri gawang Swedia. Swiss kembali mencoba untuk mencetak gol. Kali ini lewat Steven Zuber. Namun, tendangannya juga masih belum bisa menembus gawang Swedia yang dikawal Robin Olsen.

Swedia mendapat peluang terbaik pada menit ke-28 lewat aksi Marcus Berg. Sayangnya tendangan voli kaki kiri Berg yang mengarah ke pojok kanan gawang masih mampu ditepis Yann Sommer. 

  •  Kiper Swiss, Sommer, mementahkan peluang Swedia. (Reuters)

Swiss berbalik mengancam pada menit ke-39 melalui umpan silang dari Steven Zuber di sisi kiri. Namun, sambutan Josip Drmic masih melambung tipis.

Swedia memiliki peluang emas di menit-menit akhir lewat tendangan bebas Emil Forsberg di menit ke-39 dan Albin Ekdal (41'). sayang tendangan Fosberg masih melenceng tipis, sementara sontekan Ekdal di depan gawang masih melambung di atas mistar. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

  • Pemain Swiss kesulitan mencetak gol. (Reuters)

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, dominasi Swiss di pertandingan kali ini tampaknya belum runtuh. Shaqiri dan kawan-kawan masih terus mengepung lini pertahanan Swedia. Kendati demikian, La Nati –julukan Timnas Swiss– tetap belum memberikan perlawanan yang berarti.

Hal yang mengejutkan justru terjadi pada menit ke-66. Swedia yang terus-terusan diserang justru menjadi tim yang pertama mencetak gol di pertandingan tersebut. Melalui umpan satu dua dengan Toivonen, Forsberg mampu merobek jala gawang Swiss yang dikawal Sommer.

 

  • Kiper Swedia turut merayakan gol. (Reuters)

Tertinggal satu gol, Swiss kembali melakukan serangan. Embolo yang menggantikan Zuber pada menit ke-73 mendapatkan peluang emas. Akan tetapi, tandukan Embolo tersebut masih dapat dihentikan oleh Forsberg dengan sempurna tepat di mulut gawang Swedia.

Babak kedua telah menunjukkan menit ke-80. Swiss masih terus berusaha untuk menyamakan kedudukan. Swedia pun tak tinggal diam, mereka semakin merapatkan lini pertahanan mereka sehingga Swiss pun dibuat kesusahan.

Lagi, Swedia kembali mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan. Salah satu pemain Swedia dilanggar oleh Lang tepat diluar kotak penalti ketika pertandingan ingin berakhir. Lang pun diganjar kartu merah. Swedia yang mendapatkan tendangan bebas itu gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Tak lama kemudian, peluit pun meniupkan peluit panjang yang menandakan pertandingan telah berakhir. Gol Forsberg pun menjadi satu-satunya gol yang terjadi selama 90 menit waktu pertandingan. Dengan begitu, Swedia berhak melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2018.

Susunan pemain Swedia vs Swiss:

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Ludwig Augustinsson, Andreas Granqvist, Victor Lindelof, Mikael Lustig; Emil Forsberg, Albin Ekdal, Gustav Svensson, Viktor Claesson; Ola Toivonen, Marcus Berg.

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Johan Djourou, Michael Lang; Granit Xhaka, Valon Behrami; Steven Zuber, Blerim Dzemaili, Xherdan Shaqiri; Josip Drmic.

Tokopedia