Babak 1 Indonesia Vs Singapura: Sundulan Rafli Mursalim Bawa Garuda Unggul 1-0

Suporter mendukung Indonesia dalam laga melawan Singapura di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (3/7/2018). (Twitter - @pssi)
03 Juli 2018 19:48 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO-- Indonesia unggul sementara 1-0 atas Singapura dalam laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (3/7/2018) malam. Gol Indonesia dicetak oleh striker Rafli Mursalim pada menit 21.

Dalam pertandingan yang disiarkan live oleh Indosiar itu, Indonesia langsung menggebrak pertahanan Singapura sejak menit-menit awal. Meski pelatih Indra Sjafri membuat beberapa perubahan di tengah dan depan, pola tiga penyerang masih dimainkan Indonesia.

Saddil Ramdani kembali mengisi posisi sayap kanan, sedangkan sisi kiri penyerang diisi Samuel. Rafli Mursalim dipilih sebagai ujung tombak menggantikan Hanis Saghara dan Aji Kusuma yang tampil saat melawan Laos.

Di barisan tengah, Witan Sulaiman mengisi sisi kiri, dan Resky berada di kanan. Syahrian Abimanyu absen di starting Xi, dan posisi pengatur serangan diisi Rafi Syaharil.

Jalannya Pertandingan

Menit 4, permainan satu-dua barisan gelandang Indonesia diakhiri dengan tusukan Saddil Ramdani di sisi kiri gawang Singapura. Sayangnya, tendangan Witan Sulaeman menyambut umpan silang Saddil di tengah gagal mencapai target.

Tak lama kemudian, Saddil mengulangi aksinya melepaskan umpan. Namun, kiper Singapura masih mudah menangkap bola.

Menit 9, Saddil yang lepas dari kawalan bek lawan berupaya menjangkau umpan terobosan di dekat kotak penalti. Sayang, lagi-lagi tendangan Saddil diblok oleh kiper Singapura.

Semenit kemudian, Witan membuang peluang emas. Berawal dari tusukan Asnawi Mangkualam di sisi kanan, bola diberikan kepada Witan yang berdiri bebas di luar kotak penalti. Sayang tendangannya melambung tinggi jauh di atas mistar gawang.

Upaya Indonesia baru berhasil mencetak gol pada menit 21. Sebuah umpan jauh dari Asnawi di sisi kanan diteruskan oleh Rafli Mursalim dengan tandukan yang tidak terlalu keras dan gol. Indonesia 1, Singapura 0.

Menit 26, Indonesia kembali membuat upaya tembakan ke gawang. Umpan dari Witan yang bergeser ke kanan disambut dengan tendangan keras Rafi Syaharil yang tepat ke arah sisi kanan gawang, namun masih bisa ditangkap kiper Singapura.

Singapura nyaris tak berhasil membahayakan gawang Indonesia yang kembali dijaga Riyandi. Singapura hanya mengandalkan bola-bola mati dari luar kotak penalti. Namun pada menit 41, Singapura benar-benar mengancam gawang Riyandi saat pergerakan Timothy yang membawa bola mampu melewati 3 bek Indonesia. Beruntung bagi Indonesia, tendangan Timothy hanya melenceng di sisi kanan gawang.

Selanjutnya, Indonesia terus menekan ke pertahanan Singapura lewat tusukan Saddil dan Witan bergantian. Namun hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 belum berubah untuk keunggulan Indonesia.

Statistik pertandingan

Shot attempt : Indonesia 8 - 3 Singapura
Shot on target : Indonesia 5 - 2 Singapura
Ball possesion : Indonesia 72% - 28% Singapura

starting xi indonesia