Tak Ada Gol di Extra Time, Kolombia vs Inggris Adu Penalti

Duel pemain Kolombia vs Inggris. (Reuters)
04 Juli 2018 03:39 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Kolombia dan Inggris menjalani laga Perdelapan Final Piala Dunia 2018 di Spartak Stadium, Moskow, Rusia, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB. Sempat unggul lewat penalti Hary KaneThe Three Lion dipaksa bermain hingga babak extra time menyusul gol Yerry Mina.

Inggris sebenarnya diuntungkan lantaran Kolombia bermain tanpa gelandang andalannya, James Rodriguez. Sedangkan Inggris yang tampil full tim berharap bisa menang mudah. 

Babak Pertama

Inggris terlihat banyak menguasai bola di awal laga. Dominasi Inggris menghadirkan peluang pertama pada menit keenam melalui tendangan bebas Ashley Young yang ditinju David Ospina. Umpan lambung Kieran Trippier menyambut bola rebound dari Ospina kemudian dapat dihalau Yerry Mina.

Kolombia mencoba melawan Inggris dengan melakukan serangan balik, namun transisi menyerang ke bertahan yang dilakukan timnas Inggris mampu menyetop upaya Kolombia.

Inggris kembali mendapat peluang ketika memasuki menit ke-13 ketika Raheem Sterling melepas tembakan yang masih diblok bek Kolombia.

Tiga menit berselang umpan Trippier ke kotak penalti disambut tandukan Harry Kane. Bola masih melambung dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Inggris yang terus berupaya menguasai bola tidak mampu membuat ancaman berarti.

Kolombia sempat meredakan dominasi Inggris dan berbalik bermain di area lapangan lawan, tetapi tidak berhasil menciptakan peluang.

Inggris yang kesulitan memperoleh peluang dari open play diuntungkan oleh kecerobohan pemain-pemain Kolombia dalam menghalau serangan yang kadang menghasilkan pelanggaran dan tendangan bebas bagi tim lawan.

Pada menit ke-41 Inggris mendapat peluang dari tendangan bebas di luar kotak penalti yang dieksekusi Trippier. Skor tidak berubah karena bola yang dilepas pemain Tottenham Hotspur itu menyamping dari gawang Kolombia.

Menjelang laga bubar Juan Quintero berupaya memaksimalkan peluang lewat tendangan jarak jauh yang masih dapat ditangkap Jordan Pickford.

Tidak berselang lama Inggris kembali mendapat peluang di dalam kotak penalti yang tidak dapat diselesaikan dengan baik oleh tendangan Jesse Lingard.
Hingga wasit Mark Geiger membunyikan peluit tanda selesai babak pertama, skor imbang tanpa gol masih terpampang di papan skor.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Inggris berinisiatif melakukan serangan lebih dulu. Kane dan kawan-kawan mencoba untuk memainkan bola di area pertahanan Kolombia yang pada awal babak kedua bermain bertahan.

Usaha Inggris pun menemui jalan kala mereka dihadiahi penalti oleh wasit pada menit ke-54. Wasit menunjuk titik putih setelah Kane dilanggar oleh Carlos Sanchez di kotak penalti Kolombia. Peluang emas didapat oleh Inggris.

Kesempatan itu pun tak disia-siakan oleh Kane yang menjadi eksekutor. Pemain Tottenham Hotspur itu sukses mengoyak gawang Kolombia pada menit ke-57 yang menuntaskan tendangan penalti dengan baik. Inggris pun unggul 1-0 sekaligus menjadi gol keenam bagi Harry Kane di Piala Dunia 2018.

  • Eksekusi penalti Harry Kane 

Tertinggal 0-1, Kolombia meningkatkan serangan. Begitu pun dengan Inggris yang tak ingin kecolongan. Three Lions pun kembali mendapat peluang pada menit 63 melalui Dele Alli. Sayang sundulannya yang memanfaatkan umpan silang dari Trippier masih melambung.

Kedua tim kini sama-sama bermain menyerang. Permainan keras pun ditunjukkan kedua tim dengan dibuktikannya enam kartu kuning yang diberikan kepada pemain Inggris dan Kolombia hingga menit ke-70.

Pada menit 81, Kolombia mendapat peluang emas untuk menciptakan gol penyeimbang. Carlos Bacca yang berhasil mencuri bola drari Kyle Walker langsung berlari ke gawang Kolombia dan mengirim umpan ke Juan Cuadrado. Sayang tembakan Cuadrado masih melambung di atas tiang gawang Pickford.

Kolombia pun masih mencari cara untuk bisa menembus pertahanan Inggris di lima menit laga tersisa. Radamel Falcao yang mendapat dua peluang emas melalui sundulan dan tendangan mendatar masih belum mampu menembus gawang Inggris.

 

  • Sundulan Yerry Mina berbuah gol. (Reuters)

Akan tetapi pada menit 90+3, Kolombia mampu memperpanjang napas melalui gol Yerry Mina. Tandukkan Mina mampu mengoyak jala Pickford setelah memanfaatkan umpan Juan Cuadrado melalui tendangan sudut. Skor berubah 1-1.

Keadaan tersebut tak berubah hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Extra Time

Tendangan bebas yang dilepaskan oleh Ashley Young dari tengah lapangan berusaha disundul oleh Maguire, namun bola bisa dihalau oleh lini pertahanan Kolombia.

Selanjutnya, Kolombia berbalik menyerang. Cuadrado melepaskan umpan dari sisi kanan, namun bola bisa dihalau oleh Ashley Young keluar kotak penalti Inggris.

Cuadrado kembali beraksi. Kali ini umpannya ke Falcao diteruskan pada Bacca, namun arahnya terlalu tinggi dan bola meninggalkan lapangan.

Menit 102, kembali peluang untuk Kolombia. Sanchez menyundul bola hasil umpan tendangan sudut Cuadrado, namun arahnya masih melebar.

Kolombia sepertinya lebih menguasai pertandingan. Dua menit berselang, Mojica melepaskan umpan silang dari sisi kiri, Falcao melompat untuk menyambut umpan tersebut. Namun arah sundulannya masih menyamping disisi kanan gawang Inggris.

Hingga babak pertama extra time, tak ada gol tercipta.

Babak kedua pertambahan waktu, Inggris langsung tancap gas. Vardy melepaskan tembakan ke arah gawang, namun masih lurus ke arah penjaga gawang Kolombia, Ospina. Posisi Vardy pun sudah offside lebih dulu.

Menit 108, giliran Falcao mengejar umpan lambung dari lini tengah, namun Pickford dengan cepat keluar dari gawangnya untuk menghalau bola.

Pemain pengganti Danny Rose mendapatkan umpan terobosan dari Henderson, Rose melepaskan tembakan dari sudut sempit, namun arahnya masih melebar di tiang jauh gawang Kolombia.

Di tengah gencarnya serangan, Inggris memasukkan pemain muda, Marcus Rashford menggantikan Kyle Walker. Namun pergantian ini tak membuahkan hasil. Hingga babak pertambahan waktu usai, Kolombia vs Inggris tetap 1-1. 

Dengan hasil ini, pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Susunan pemain Kolombia vs Inggris:

Kolombia (4-3-2-1): Kiper: David Ospina; Bek: Santiago Arias (Cristian Zapata 116'), Yerry Mina, Davinson Sanchez, Johan Mojica; Gelandang: Wilmar Barrios, Carlos Sanchez (Matheus Uribe 79'), Jefferson Lerma (Carlos Bacca 61'); Juan Cuadrado, Juan Quintero (Luis Muriel 88'); Striker: Radamel Falcao

Inggris (3-5-2): Kiper: Jordan Pickford; Bek: Harry Maguire, John Stones, Kyle Walker (Marcus Rashford 113'); Gelandang: Dele Alli (Eric Dier 81'), Jordan Henderson, Ashley Young (Danny Rose 102'), Kieran Trippier, Jesse LingardStriker: Raheem Sterling (Jamie Vardy 88'), Harry Kane

Tokopedia