Piala Dunia 2018: Kutukan Adu Penalti Tak Berlaku Lagi Bagi Inggris

Inggris (Reuters/Maxim Shemetov)
04 Juli 2018 09:00 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Timnas Inggris akhirnya bisa mematahkan kutukan adu penalti di Piala Dunia. Tim berjuluk The Three Lions itu baru saja memetik kemenangan atas Kolombia di babak 16 Besar Piala Dunia 2018 melalui drama adu penalti, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB.

Dalam laga yang dilangsungkan di Spartak Stadium, Inggris dan Kolombia bermain imbang 1-1 hingga waktu normal dan babak extra time berakhir. Inggris membuka keunggulan melalui penalti Harry Kane. Kolombia kemudian membalas melalui tandukan Yerry Mina di masa injury time babak kedua.

Di babak adu penalti, Inggris berhasil menang dengan skor 4-3. Dari lima penendang The Three Lions, hanya Jordan Henderson yang gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Sementara Kane, Marcus Rashford, Kieran Tripper, dan Eric Dier berhasil menaklukkan David Ospina.

Di sisi lain, dua penendang Kolombia gagal menaklukkan Jordan Pickford. Tendangan Mateus Uribe hanya menerpa mistar gawang, sedangkan eksekusi Carlos Bacca bisa ditepis Pickford. Kolombia tersingkir, Inggris melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2018.

Bagi Inggris, ada kesenangan tersendiri selain kelolosan mereka. Dikutip dari Opta, Inggris sukses mengakhiri kutukan adu penalti di ajang Piala Dunia. Sebelumnya, Inggris tak pernah menang saat pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti. The Three Lions selalu kalah dalam adu penalti di Piala Dunia 1990, Piala Dunia 1998, dan Piala Dunia 2006.

Di Piala Dunia 1990, Inggris kalah 3-4 dari Jerman Barat dalam adu penalti di semifinal. Mereka kembali kalah 3-4 ketika menjalani adu penalti melawan Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 1998. Sementara di Piala Dunia 2006, Inggris kalah adu penalti 1-3 dari Portugal di babak perempatfinal.

Secara keseluruhan, catatan Inggris dalam adu penalti di turnamen besar memang tak menggembirakan. Di arena Piala Eropa, mereka cuma sekali menang dalam empat kali adu penalti.

Tokopedia