24 Tahun Menanti, Swedia ke Perempatfinal Lagi

Swedia (Reuters/Darren Staples)
04 Juli 2018 09:15 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, ST. PETERSBURG - Swedia sukses memastikan diri melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2018. Swedia pun sudah menunggu selama 24 tahun itu bisa kembali ke fase tersebut.

Swedia lolos ke babak perempatfinal Piala Dunia 2018 setelah menaklukkan Swiss. Bertanding di Saint Petersburg Stadium, Selasa (3/7/2018) malam WIB, Swedia menang dengan skor 1-0. Gol kemenangan tim berjuluk Blagult itu dilesakkan oleh bintang mereka, Emil Forsberg.

Dikutip dari Fox Sports, Rabu (4/7/2018), ini menjadi kelolosan ke perempatfinal pertama bagi Swedia di ajang Piala Dunia sejak 1994. Pada edisi tersebut, Swedia berhasil melaju jauh dan finis di peringkat ketiga. Di babak semifinal, Swedia dibekuk Brasil. Mereka kemudian memenangkan perebutan tempat ketiga melawan Bulgaria.

Selain itu, Swedia juga berhasil mencatatkan dua kemenangan beruntun di Piala Dunia sejak 1958. Artinya, Swedia selalu kesulitan untuk memenangi dua laga beruntun. Seperti diketahu, sebelum mengalahkan Swiss, Swedia sukses menaklukkan Meksiko di laga terakhir fase grup.

Di sisi lain, Swiss kembali meneruskan rekor buruk mereka di babak 16 Besar Piala Dunia. Mereka sudah empat kali gugur di babak 16 Besar dalam lima partisipasi terakhir mereka di Piala Dunia. Bahkan, Swiss kali terakhir memenangi laga di fase knock-out Piala Dunia adalah pada edisi 1938 silam.

Sementara itu, Swedia akan menghadapi Inggris pada babak perempatfinal Piala Dunia 2018. Laga tersebut akan dilangsungkan di Samara Arena, Samara, Sabtu (7/7/2018). Inggris sendiri melaju ke perempatfinal usai membekuk Kolombia melalui drama adu penalti.