Perempatfinal Piala Dunia 2018: Siapa Paling Berpeluang Juara?

Inggris vs Belgia (Reuters/Fabrizio Bensch)
04 Juli 2018 11:00 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, SOLO - Piala Dunia 2018 memasuki babak perempatfinal. Sebanyak delapan tim akan adu kuat untuk memperebutkan gelar juara. Kedelapan tim itu adalah Uruguay, Prancis, Brasil, Belgia, Rusia, Kroasia, Swedia, dan Inggris.

Peta kekuatan di babak perempatfinal Piala Dunia 2018 ini terbilang merata meski sejumlah tim masuk dalam tim unggulan. Namun itu tak bisa dijadikan acuan mengingat sejumlah tim top yang bertumbangan. Sebut saja Jerman yang harus tersingkir di fase grup serta Argentina dan Portugal yang terhenti di babak 16 Besar.

Peluang juara di Piala Dunia 2018 sendiri juga dipengaruhi oleh bagan knock-out. Di bagian pertama, Uruguay akan menghadapi Prancis dan selanjutnya akan berhadapan dengan pemenang Brasil vs Belgia di semifinal. Sementara Rusia akan menghadapi Kroasia lebih dulu sebelum bertemu pemenang Swedia vs Inggris.

Melihat hal ini, bagian pertama diisi oleh tim-tim yang relatif kuat yakni Uruguay, Prancis, Brasil, dan Belgia. Keempatnya menampilkan performa apik selama fase grup maupun babak 16 Besar. Uruguay dan Belgia bahkan sukses menyapu bersih laga di fase grup dengan kemenangan. Tak hanya itu, Belgia mampu menorehkan rekor gol terbanyak di Piala Dunia sejauh ini dengan sudah mengemas 12 gol.

Sementara Prancis berhasil mengemas tujuh gol sejauh ini. Meski sempat diragukan, Prancis tampil apik kala menghempaskan Argentina di babak 16 Besar. Paul Pogba dkk. juga belum terkalahkan yakni mencatatkan dua kemenangan dan sekali imbang di fase grup, serta kemenangan d babak 16 Besar.

Rekor tak terkalahkan juga diraih Brasil. Salah satu unggulan di Piala Dunia 2018 ini mencatatkan rekor yang sama dengan Prancis. Di babak 16 Besar, mereka mengandaskan perlawanan Meksiko dua gol tanpa balas. Selecao membuat tujuh gol sejauh ini dan hanya kebobolan satu gol.

Artinya, keempat tim di bagian pertama mencatatkan rekor tak terkalahkan sejauh ini. Hal itu tentu berbanding terbalik dengan kondisi di bagian kedua. Dari keempat tim di bagian ini, hanya Kroasia yang belum menelan kekalahan. Rusia, Swedia, dan Inggris sudah pernah takluk di Piala Dunia 2018.

Rusia, Swedia, dan Inggris sama-sama menelan satu kekalahan yang terjadi di fase grup. Rusia tumbang 0-3 dari Rusia di Grup A, Swedia dibekuk Jerman 1-2 di Grup F, dan Inggris kalah 0-1 dari Belgia di Grup G. Hal ini memunculkan anggapan persaingan di bagian pertama lebih berat ketimbang bagian kedua untuk menuju gelar juara.

Meski begitu, tim-tim di bagian kedua juga tak boleh dikucilkan. Rusia misalnya. Sang tuan rumah berhasil menaklukkan tim sekelas Spanyol di babak 16 Besar melalui adu penalti setelah berimbang 1-1 di waktu normal dan extra time. Penampilan mereka juga apik dengan gelontoran sembilan gol sejauh ini.

Swedia juga menunjukkan performa menawan. Meski mereka cenderung menang dengan skor tipis. Namun, mental mereka cukup berbicara di sini. Sementara Inggris juga tampil apik meski harus susah payah menaklukkan Kolombia di babak 16 Besar. Inggris pun diunggulkan melaju ke final mengingat persaingan di bagian ini.

Di bagain kedua ini, Kroasia menjadi tim yang paling konsisten. Menyapu bersih kemenengan di fase grup, Kroasia mencatatkan tujuh gol dan sekali kebobolan. Hanya, mereka menurun saat melawan Denmark di babak 16 Besar. Kroasia harus mengalahkan Denmark melalui adu penalti.

Pertandingan di babak perempatfinal Piala Dunia 2018

Uruguay vs Prancis
Brasil vs Belgia

Rusia vs Kroasia
Swedia vs Inggris

Tokopedia