Data & Fakta Kylian Mbappe: Pemain Termahal Kedua Hingga Samai Rekor Pele

Kylian Mbappe (Reuters/Pilar Olivares)
05 Juli 2018 16:00 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW - Kylian Mbappe memang sedang mencuri perhatian penggemar sepak bola saat ini. Hal itu karena kecepatan larinya yang setara dengan mengendarai sepeda motor. Selakin itu, masih ada fakta-fakta lainnya.

Pelari Cepat
Mbappe berlari dengan kecepatan 37 km per jam ketika melawan Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Catatan itu melebihi megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, yang menerohkan 34 km per jam saat melawan Spanyol di fase grup. Sebagai perbandingan, sprinter tercepat di dunia, Usain Bolt, mencapai catatan terbaiknya dengan 44,72 km per jam.

Pemain Termahal Kedua di Dunia
PSG bakal menjadikan status Mbappe secara permanen pada musim panas ini dengan harga 180 juta euro (Rp3 triliun). Itu berarti dia akan menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah transfer dunia setelah Neymar diboyong PSG dari Barcelona dengan banderol 222 juta euro (Rp3,7 triliun).

Sejajar Pele
Mbappe menjadi remaja pertama yang mampu menorehkan brace dalam sebuah laga fase knock-out Piala Dunia sejak Pele membobol gawang Swedia dua kali untuk membawa Brasil unggul di Piala Dunia 1958.

Selebrasi Khas
Mbappe memiliki gaya selebrasi khas untuk merayakan golnya. Yakni dengan menyilangkan tangan di dada dan mengempit sebagian tangan ke ketiak. Dia mengaku selebrasinya itu dipakainya saat bermain video game FIFA football melawan adiknya, Ethan.

Dermawan
Menurut ESPN, Mbappe menjadi patron penggalangan dana untuk anak-anak difabel yang berkecimpung dalam olahraga bernama Premiers de Cordee. Dia mendonasikan bonusnya di Piala Dunia untuk Premiers de Cordee. Bonus Mbappe dilaporkan bernilai sekitar 20.000 euro (Rp334 juta) per laga. Hanifah