Piala Dunia 2018: Uruguay Siapkan Godin-Gimenez untuk Jegal Mbappe

05 Juli 2018 19:00 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NIZHNIY NOVGORODKylian Mbappe tampil sensasional ketika membawa Prancis menyingkirkan Argentina pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 lalu. Tapi, kegemilangan bocah berusia 19 tahun tersebut tidak membuat Uruguay takut ketika harus bertemu Prancis di perempatfinal, Jumat (6/7/2018) malam WIB.

Kecepatan Mbappe bisa mengancam bek-bek lawan. Lihat bagaimana bek-bek Argentina, Marcos Rojo hingga Javier Mascherano, sampai tergopoh-gopoh menghentikan akselerasi Mbappe yang berlari cepat menusuk pertahananmereka pada babak 16 besar lalu.

Mbappe kerap lolos dari kepungan bek-bek Argentina dan sukses mencetak dua gol ke gawang tim berjuluk La Albiceleste tersebut. Selain itu, Mbappe juga menjadi alasan wasit memberi hadiah penalti bagi Prancis yang dieksekusi Antoine Griezmann sebagai gol pembuka.

Tapi, Uruguay yakin bisa mengatasi bintang Paris Saint Germain (PSG) tersebut. Striker Uruguay, Luis Suarez, mengatakan pertahanan timnya bisa mengontrol Mbappe. Benteng pertahanan La Celeste tersebut solid di Rusia. Mereka baru kebobolan sebiji gol sejak fase grup.

“Semua tahu dia [Mbappe] pemain yang sangat bagus, namun saya pikir kami punya pertahanan yang bagus untuk mengontrolnya,” ujar Suarez, seperti dilansir sports.ndtv.com, Rabu (4/7/2018).

Jantung pertahanan Uruguay diperkuat bek sentral Atletico Madrid, Jose Gimenez dan Diego Godin. Godin tercatat melakukan 2,5 tekel per laga, 2,3 intersep per pertandingan, dan membukukan 4,8 clearance per partai. Gimenez tak kalah garang dengan membuat 2,3 tekel per laga, 4 intersep per pertandingan, dan melakukan 6 clearance per partai.

Pertahanan Uruguay ini sudah terbukti tangguh ketika mereka menundukkan Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo di babak 16 besar lalu. Godin cs. berhasil memaksa Ronaldo absen mencatatkan namanya di papan skor hingga Portugal tersingkir 1-2.

Pertahanan Uruguay boleh jadi tenang menghadapi ancaman Mbappe. Sayang, lini depannya La Celeste justru terancam pincang dengan cedera Edinson Cavani. Suarez belum bisa memastikan tandemnya di lini depan Uruguay tersebut kembali pulih setelah mengalami cedera otot saat La Celeste menyingkirkan Portugal.

“Sebagai tandem bagiku dan bagi tim, dia sangat esensial. Dia menunjukkan betapa penting perannya untuk La Celeste. Saya belum bisa bicara banyak tentang kondisinya, namun saya tahu dia punya ambisi untuk bisa bermain,” ujar Suarez, seperti dilansir espnfc.com.