Piala AFF U-19: Egy Berpeluang Tampil pada Semifinal

Timnas Indonesia U/19 (Antara/Zabur Karuru)
05 Juli 2018 11:00 WIB Newswire Indonesia Share :

Solopos.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 tak diperkuat oleh bintang mereka Egy Maulan Vikri di ajang Piala AFF U-19 2018. Hal itu karena Egy tak mendapat izin dari klubnya saat ini, Lechia Gdansk.

Meski tanpa Egy, Indonesia tampil apik. Mereka bercokol di puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 setelah memenangi dua laga awal. Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri ini pun mengoleksi enam poin dan berpeluan lolos ke babak selanjutnya.

Tidak adanya Egy di skuat Timnas U-19 memang memunculkan pertanyaan belakangan. Pasalnya, dia sudah menjadi langganan di tim tersebut. Hingga akhirnya alasannya terkuak lantaran tak mendapat izin dari klub. Lechia tak mengizinkan Egy lantaran Piala AFF tak masuk kalender FIFA.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria mengonfirmasi hal itu. Namun dia juga mengungkapkan kemungkinan Egy tetap bisa memperkuat tim berjuluk Garuda Nusantara tersebut. "Ada kemungkinan akan dilepas tanggal 9 atau 10 [Juli 2018] apabila [Timnas U-19] masuk babak semifinal. Tapi di luar [tanggal] itu, rasanya sulit," ujar Tisha seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (5/7/2018).

Tisha mengungkapkan pihaknya sebenarnya sudah mengusahakan agar Egy bisa tampil di Piala AFF U-19. Oleh karena itu, dia telah menjalin koordinasi dengan agen si pemain sebelum Egy bergabung dengan Lechia. Harapannya pemain berusia 17 tahun itu dapat diperbolehkan pulang ke Tanah Air untuk membela Timnas Indonesia U-19.

Tisha menyayangkan koordinasi dengan agen Egy yang berujung dengan kegagalan sang pemain bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 sejak dimulainya Piala AFF U-19. Padahal, Timnas Indonesia U-19 telah mencoret Gianluca Pagliuca Rossy demi mengakomodir Egy.

"Bukan keluarnya yang dilarang, tapi tidak berkoordinasinya yang disayangkan. Dalam hal ini kami sudah berkoordinasi, tapi tetap saja yang terjadi seperti ini. Bagaimana dulu tanpa koordinasi," ujar Tisha.