Fakta Neymar, Habiskan 14 Menit Berguling di Lapangan

Striker Brasil, Neymar Jr. yang berulang kali gagal menembus pertahanan Kosta Rika. (Reuters - Carlos Garcia Rawlins)
06 Juli 2018 08:15 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com,MOSKOW – Dua gol dan dua assist. Itulah kontribusi maksimal yang sudah disuguhkan Neymar untuk Timnas Brasil hingga laga keempat di Piala Dunia 2018. Bisa dibilang, Neymar adalah pilar kunci kesuksesan Selecao sejauh ini bersama Philippe Coutinho.

Namun Neymar juga meninggalkan jejak kelam yang banyak dikritik publik sepak bola, apalagi jika bukan hobi “aktingnya”. Adegan Neymar terjatuh memang bukan pemandangan asing di Rusia. Tersentuh sedikit saja, striker Paris Saint Germain itu bisa berguling-guling lama di lapangan.

Sebuah media Swiss, RTS, bahkan iseng mencari tahu waktu yang sudah dihabiskan Neymar untuk tergeletak di lapangan. RTS melansir Neymar menghabiskan waktu 13 menit 50 detik atau nyaris 14 menit untuk tergolek di lapangan hijau. Jumlah itu hampir sama dengan durasi satu babak tambahan.

Saat laga melawan Meksiko di babak 16 besar, pemain yang akrab disapa Ney ini bahkan membuang waktu hingga lima menit 30 detik untuk mengerang kesakitan. Insidennya dengan pemain Meksiko, Miguel Layun, itu kini banyak menjadi bahan meme satir yang menyindir kelakuan eks pemain Barcelona itu.

Belgia, lawan Brasil di babak perempatfinal, bukannya tak menyadari potensi akting Neymar di Kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB. Bek Belgia, Vincent Kompany, mengaku tak memikirkan reaksi berlebihan Neymar saat mendapat kontak dari pemain lawan. “Aku tidak tahu, aku tak peduli,” ujarnya dilansir ESPN, Kamis (5/7/2018).

“Kami harus menunjukkan penampilan kolektif untuk melawan tim yang cerdik seperti Brasil, itulah satu-satunya hal yang kupedulikan,” tutur bek Manchester City itu.

Di tengah banjir kritik, Pelatih Manchester United, Jose Mourinho hingga legenda Selecao, Ronaldo, hadir membela pemain 26 tahun itu. Ronaldo menilai Neymar justru masih kurang mendapatkan proteksi dari wasit. Sejauh ini Neymar menjadi pemain yang paling banyak dilanggar di Piala Dunia 2018 dengan 23 pelanggaran.

“Ada banyak sudut pandang untuk melihat sepak bola dan mengintrepetasikan itu. Saya bertentangan dengan semua opini itu [pada akting Neymar],” kata Ronaldo.
Dia menuding kritik yang ditujukan pada Neymar hanya untuk meramaikan media massa. “Kritik itu omong kosong. Acara TV dan surat kabar cuma ingin mengisi kolom-kolomnya.”

Tokopedia