Berkebangsaan Prancis, Griezmann Juga Cinta Uruguay, Kenapa?

Pemain Prancis Antoine Griezmann melewati pemain Australia (Reuters/Toru Hanai)
06 Juli 2018 16:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, SOLO – Mungkin tak banyak yang mengetahui Antoine Griezmann  sangat mencintai Uruguay. Meski lahir di Kota Macon, Prancis, berulangkali sang pemain mengatakan bahwa Uruguay sudah menjadi bagian dari dirinya.

Ucapan itu salah satunya dilontarkan saat dia menyambut Diego Godin dan Jose Gimenez, pemain Uruguay yang juga rekannya di Atletico Madrid, seusai Uruguay memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Bandara Madrid, Spanyol. “Saya adalah seorang Uruguay,” ujar Griezmann yang saat itu mengenakan kemeja Uruguay, seperti dilansir BBC, Kamis (5/7/2018).

Griezmann memang patut berterima kasih pada Uruguay. Banyak figur dari negara Amerika Selatan itu yang berpengaruh dalam perjalanan kariernya. Martin Lasarte, pelatih kelahiran Uruguay, menemukan bakat istimewa Griezmann saat masih membela Real Sociedad junior tahun 2005. Empat tahun berselang, pemain yang akrab disapa Grizzi ini mampu menjadi striker inti Sociedad bersama penyerang veteran yang juga asal Uruguay, Carlos Bueno.

Saat berseragam Atletico Madrid, dia pun berteman baik dengan Godin, Gimenez dan Christian Rodriguez yang hengkang pada 2015. Saking dekatnya, striker 27 tahun itu sampai menjadi anggota kehormatan Penarol, salah satu klub besar Uruguay dan tempat Rodriguez bermain. Peran orang-orang Uruguay semakin kental dalam hidup Griezmann saat Godin didapuk menjadi ayah baptis anak perempuannya.

Sang pemain tak menampik laga perempatfinal Piala Dunia 2018 melawan Uruguay bakal sangat menguras emosinya. “Uruguay adalah negara yang saya cintai. Ini akan sangat emosional untukku,” ujar Grizzi yang kerap mendukung Uruguay lewat media sosial ketika tim itu beraksi.

Laga tersebut tentu menjadi ujian bagi Griezmann untuk membuktikan kesetiaannya pada Prancis. Apalagi dia digadang-gadang menjadi senjata rahasia jika Kylian Mbappe tak moncer seperti biasanya. Gelandang Uruguay yang juga pemain Penarol, Nahitan Nandez, menegaskan tak akan sakit hati jika Griezmann mampu membobol gawang timnya. “Namun dia harus bisa menjaga sikap. Ingat, dia adalah separuh Uruguayan,” ujarnya.

Sementara itu, striker Uruguay, Luis Suarez, mengaku tak peduli dengan kedekatan Griezmann dengan negaranya. Bagi dia, Griezmann adalah seorang Prancis. “Dia tidak tahu rasanya menjadi Uruguayan. Dia tidak tahu siapa kami dan apa yang kami lakukan untuk sukses di sepak bola. Dia bisa memakai kostum kami dan berbicara dengan bahasa yang sama, tapi kami merasa perbedaan itu ada,” ujar striker Barcelona tersebut.