Gebuk Uruguay 2-0, Prancis Melangkah ke Semi Final

Perayan gol kedua Prancis. (Reuters)
06 Juli 2018 22:51 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, NIZHNY NOVGOROD - Prancis mengakhiri perlawanan Uruguay di Perempat Final Piala Dunia 2018. Bermain di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia, Jumat (6/7/2018), Les Blues menang dengan skor meyakinkan 2-0 lewat gol Raphale Varane dan Antoine Griezmann. 

Babak Pertama

Uruguay lebih sering melakukan tekanan di lima menit pertama laga ini. Pada menit keempat, Cristhian Stuani sejatinya punya kesempatan melepaskan tembakan dari muka gawang namun ia gagal melakukannya. Dua menit berselang, Stuani kembali memperoleh ruang untuk melakukan tembakan, namun tendangannya masih melebar.

Prancis sendiri masih kesulitan menemukan celah di lini pertahanan Uruguay. Serangan-serangan mereka masih mudah dipatahkan meski sudah mencoba menekan dari dua sisi lapangan.

Peluang bagi Prancis akhirnya hadir di menit ke-16. Olivier Giroud dengan jeli mengirimkan umpan sundulan ke arah Kylian Mbappe. Mbappe berdiri bebas, namun sayangnya ia terburu-buru menyundul bola sehingga tembakannya tidak tepat sasaran.

Sampai laga memasuki menit ke-25, kedua tim belum benar-benar menunjukkan peluang emas untuk mencetak gol. Uruguay baru menghasilkan satu tembakan tepat sasaran sedangkan Prancis belum mampu mengancam gawang Fernando Muslera karena tiga kali percobaan mereka tidak pernah tepat sasaran.

Tempo pertandingan yang cenderung lambat membuat Les Bleus kesulitan memaksimalkan kecepatan-kecepatan yang dimiliki oleh Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann. Sebaliknya, ketidakhadiran Cavani membuat Uruguay juga tak punya daya untuk bisa memberikan kejutan kepada Prancis hingga pertandingan memasuki menit ke-30.

Empat menit berselang, Kylian Mbappe sukses mengirimkan umpan silang datar ke muka gawang. Namun tidak ada pemain Prancis lainnya yang mengiringi serangan itu sehingga bola bergulir begitu saja melintasi kotak penalti.

Semenit berselang, Matias Vecino melepaskan tembakan keras yang mengarah ke gawang. Namun Hugo Lloris dengan sigap membaca arah bola dan menangkapnya dengan mudah.

Kebuntuan di laga ini akhirnya pecah di menit ke-40. Berawal dari tendangan bebas yang terjadi akibat Corentin Tolisso dilanggar oleh Rodrigo Bentacur, sepakan Antoine Griezmann bisa disundul oleh Raphael Varane. Bola meluncur ke pojok kanan gawang tanpa bisa dihalau oleh Fernando Muslera.

  • Perayaan gol Varane. (Reuters)

Pada menit ke-44, Uruguay punya peluang untuk menyamakan kedudukan. Bermula dari tendangan bebas Lucas Torreira, Martin Caceres mampu menyundul bola ke arah gawang. Lloris bereaksi dengan baik dan menepis bola dan sayangnya bola liar tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Diego Godin yang tembakannya jauh dari sasaran.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Prancis.

Babak Kedua

Prancis tak mengendurkan serangan di babak kedua. Les Blues langsung mendapat tendangan bebas ketika laga di babak kedua baru berjalan dua menit. Namun bola kiriman Griezmann masih bisa diamankan oleh Muslera. Kiper Uruguay ini bermain-main di dalam kotak beruntung sambaran dari Griezmann membuat bola keluar. 

Lima menit kemudian, Prancis kembali dapatkan tendangan bebas di sisi kanan yang kali ini diambil oleh Mbappe. Ia kirimkan bola langsung ke dalam kotak tapi bisa ditinju oleh Muslera menjauh dari gawang.

Menit 55' giliran Uruguay yang menguasai bola. Bentancur lepaskan tembakan kaki kiri namun arahnya melenceng jauh dari sasaran.

  • Perayaan gol kedua Prancis. (Reuters)

Prancis yang terus menguasai bola hingga kembali mencetak gol di menit 61. Sepakan Griezmann dari luar kotak tak mampu dihalau dengan baik oleh Muslera. Ia sudah mampu menebak arahnya namun halauannya tak maksimal! Prancis gandakan keunggulan menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol, Uruguay mencoba mengurai pertahanan Prancis. Gomez mencoba masuk dari sisi kiri namun ia dihadap hingga terjatuh. Wasit tak melihat adanya pelanggaran di sana. 

Menit 67, ketegangan terjadi dipicu Kylian Mbappe. Mendapat sedikit sentuhan yang menggangu pergerakan Mbappe terjatuh. Aksi Mbappe ini ditanggapi panas oleh pemain-pemain Uruguay.

Ketegangan ini berujung pada dikartu kuningnya Mbappe dan pemain Uruguay, Cristian Rodriguez.

  • Wasit memperingatkan Mbappe atas aksinya. (Reuters)

Usai insiden itu, Prancis kembali memulai serangan. Sepakan terukur Tolisso dari depan kotak dilepaskan langsung ke gawang namun arahnya masih berada di atas mistar.

 Tak berselang lama Uruguay balik menekan. Kali ini upaya dilakukan dari sisi kanan namun tangguhnya Umtiti di dalam kotak bisa halau bola.

Hingga menit 86, Prancis masih berusaha menekan melalui Kante. Sementara itu Uruguay coba melancarkan serangan balik melalui Rodriguez tapi masih gagal.  

Sayangnya, hingga wasit meniup peluit panjang tak ada gol lagi yang tercipta. Prancis menang dengan skor meyakinkan 2-0. Skuad asuhan Didier Deschamp lolos ke Semi Final dan menunggu salah satu dari Brasil atau Belgia.

  • Edinson Cavani yang tak bisa bermain karena cedera menghibur Luis Suarez. (Reuters)

Susunan pemain Uruguay vs Prancis:

Uruguay (4-1-2-1-2): Kiper: Fernando Muslera; Bek: Diego Godin, Jose Gimenez, Diego Laxalt, Martin Caceres; Gelandang: Lucas Torreira, Nahitan Nandez (Jonathan Urretaviscaya 73'), Matias Vecino; Rodrigo Bentancur (Cristian Rodriguez 59'); Striker: Luis Suarez, Cristhian Stuani (Maximiliano Gomez 59')

Prancis (4-2-3-1): Kiper: Hugo Lloris; Bek: Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard, Lucas Hernandez; Gelandang: Paul Pogba, N'Golo Kante, Corentin Tolisso (Steven Nzonzi 80'); Striker: Antoine Griezmann (Nabil Fekir 90'), Kylian Mbappe (Ousmane Dembele 88'), Olivier Giroud