Menang 2-1, Belgia Singkirkan Brasil dari Piala Dunia 2018

Striker Brasil Neymar di tengah perayaan kemenangan Belgia. (Reuters)
07 Juli 2018 02:30 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, KAZAN - Belgia akhirnya mengakhiri perjalanan Brasil di Piala Dunia 2018. Bermain di Kazan Arena, Kazan, Rusia, Jumat (6/7/2018) waktu setempat, Eden Hazard dkk. memastikan lolos ke Semi Final lewat kemenangan 2-1. 

Babak Pertama

Duel tim bertabur bintang ini langsung sengit sejak awal. Penyerang sayap Belgia Kevin De Bruyne menciptakan peluang pertama untuk timna dengan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang sepakan De Bruyne masih melenceng dari gawang Alisson Becker.

Brasil juga sempat memberikan ancaman untuk pertahanan Belgia. Sontekan Thiago Silva memanfaatkan sepak pojok Neymar pada menit kedelapan membentur tiang gawang.

Belgia akhirnya bisa memecah kebuntuan untuk unggul lebih dulu pada menit ke-13. Sepak pojok Nacer Chadli salah diantisipasi Fernandinho. Bola yang mengenai lengan Fernandinho justru masuk ke gawang Alisson.

  • Gol bunuh diri Fernandinho. (Reuters)

Meski tertinggal Tim Samba tetap mencoba bermain dengan tenang dan terus memberikan tekanan kepada Belgia. Sementara The Red Devils juga sesekali merepotkan pertahanan Brasil lewat serangan balik.

Pada menit ke-31 Belgia menamkan keunggulan melalui tendangan De Bruyne. Memanfaatkan serangan balik, Romelu Lukaku yang mendapat bola melakukan solo run hingga area Brasil.

Lukaku pun langsung mengoper bola kepada De Bruyne yang bebas di sisi kanan. Tanpa kompromi, pemain Manchester City itu langsung melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti ke sisi kanan gawang yang tidak bisa dijangkau Alisson.

  • Perayaan gol Kevin De Bruyne. (Reuters)

Brasil sebenarnya memiliki lebih banyak peluang untuk menyamakan kedudukan di waktu tersisa. Tetapi sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga babak pertama, skor tetap 2-0 untuk keunggulan Belgia.

Babak Kedua

Pertandingan babak kedua dimulai. Willian ditarik menit 46. Tite memilih untuk memasukkan Roberto Firminho untuk menambah daya gedor lini depan Brasil. Strategi mereka untuk tampil menekan di babak kedua berbuah hasil. Neymar berhasil masuk hingga kotak 16 Belgia. Sayang, pemain belakang Belgia masih terlalu tangguh.

Brasil belum selesai memberikan serangan mereka ke gawang Belgia. Kali ini Gabriel Jesus membuat gerakan bagus hingga kotak penalti Belgia dan melewati Vertonghen dengan mudah. Tetapi pergerakannya mendapat gangguan dari Kompany.

Brasil akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Renato Agusto yang masuk menggantikan Paulinho di menit 73 hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk mencetak gol. Berawal dari umpan terarah Coutinho ke kotak penalti, Agusto berhasil mengkonversinya menjadi gol.

 

  • Gol tandukan Renato Augusto. (Reuters)

Para penggawa Brasil terus mendominasi jalannya babak kedua. Mereka kembali melakukan serangan ke daerah pertahanan Belgia. Berawal dari serangan balik, Coutinho yang membawa bola menemukan celah di pertahanan Belgia. Kompany tertarik dengan pergerakan Firmino dan membuat Renato Augusto menemukan celah. Peluang terbuka didapatkan sang pencetak gol, tetapi tembakannya melebar tipis dari sasaran.

Peluang emas terakhir milik Brasil terjadi di menit 90+3. Neymar yang melihat ruang langsung melepaskan tendangan kerasnya ke pojok kanan gawang. Akan tetapi, Courtois bekerja dengan baik dibawah mistar gawang Belgia. Skor 2-1 pun bertahan hingga peluit panjang di bunyikan.

Susunan Pemain Brasil vs Belgia;

Brasil (4-3-3): Kiper: Alisson Becker; Bek: Fagner Lemos, Thiago Silva, Joao Miranda, Marcelo; Gelandang: Paulinho (Renato Augusto 73'), Fernandinho, Philippe Coutinho ; Striker: Willian Borges (Roberto Firmino 46'), Neymar, Gabriel Jesus (Douglas Costa 58').

Belgia (3-4-2-1): Kiper: Thibaut Courtois; Bek: Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Gelandang: Thomas Meunier, Axel Witsel, Marouane Fellaini, Nacer Chadli (Thomas Vermaelen 82'); Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Striker: Romelu Lukaku (Youri Tielemans 86')

Tokopedia