Babak Pertama, Inggris Unggul 1-0 atas Swedia

Gol Harry Maguire. (Reuters)
07 Juli 2018 21:49 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA - Inggris mengawali laga kontra Swedia dengan manis. The Three Lions berhasil unggul 1-0 di babak pertama pertandingan Perempat Final Piala Dunia 2018 yang dihelat di Samara Arena, Samara, Rusia, Sabtu (7/7/2018) waktu setempat itu.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate kembali mengganti komposisi pemainnya. Di laga ini, Southgate memasang Kylie Walker di kiri dan memasukkan bek Leicester City Harry Maguire alih-alih memilih bek Manchester United, Phil Jones. Terbukti, komposisi ini mampu membuat Swedia kesulitan. Bukan hanya itu, Maguire juga mencetak satu-satunya gol di babak pertama.

Babak Pertama

Inggris mendapatkan kesempatan pertama mencetak gol pada menit 7 ketika memberikan Dele Alli umpan kepada Harry Kane di kotak penalti. Tapi Robin Olsen sigap ia memotong umpan itu dan berhasil menyelamatkan gawangnya.

Pada menit ke-19, Harry Kane akhirnya memberikan ancaman ke gawang Swedia. Melihat bola liar di luar kotak penalti, Harry Kane langsung melepaskan tembakan kaki kanan. Kiper Robin Olsen tak menduga datangnya bola, namun bola melebar di sisi kanan gawang.

  • Jordan Handerson mencoba membuat pemain Inggris bermain lebih bersabar. (Reuters)

Serangan-serangan Inggris terus berlanjut. Empat menit kemudian, umpan silang Kieran Trippier malah mengarah ke gawang, namun Olsen bisa membaca bola dengan baik.

Tempo permainan masih tak berubah hingga laga memasuki menit ke-29. Inggris masih kesulitan mendapatkan peluang emas untuk menggetarkan gawang Swedia.

Situasi akhirnya berubah di menit ke-30 saat Inggris untuk pertama kalinya mendapatkan sepak pojok. Inggris kembali menunjukkan kepiawaian memanfaatkan set piece. Umpan sepak pojok Ashley Young bisa disundul oleh Harry Maguire. Bola mengarah ke pojok kanan tanpa bisa dibendung oleh Olsen.

Setelah Inggris unggul 1-0, ternyata tempo permainan tetap tak berubah. Swedia masih kesulitan mengubah tempo dan inisiatif untuk lebih agresif di 15 menit pertandingan.

Pada pengujung babak pertama, Raheem Sterling lepas dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Olsen. Namun Sterling tidak bisa memaksimalkan peluang itu menjadi gol.

  • Raheem Sterling gagal menuntaskan peluang emas di muka gawang Inggris. (Reuters)

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk timnas Inggris.

Susunan pemain Swedia vs Inggris;

Swedia (4-4-2): Kiper: Robin Olsen; Bek: Victor Nilsson Lindeloef, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson, Emil Krafth; Gelandang: Albin Ekdal, Sebastian Larsson, Emil Forsberg, Viktor Claersson; Striker: Marcus Berg, Ola Toivonen

Inggris (3-5-2): Kiper: Jordan PickFord; Bek: Johns Stones, Kyle Walker, Harry Maguire; Gelandang: Jordan Henderson, Dele Ali, Jesse Lingard, Kieran Trippier, Ashley Young; Striker: Raheem Sterling, Harry Kane

Tokopedia