Inggris Taklukan Swedia 2-0, The Three Lions ke Semi Final

Perayaan kemenangan Inggris. (Reuters - Dylan Martinez)
07 Juli 2018 22:57 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SAMARA - Inggris mengakhiri laga kontra Swedia dengan manis. The Three Lions menang 2-0 di pada pertandingan Perempat Final Piala Dunia 2018 yang dihelat di Samara Arena, Samara, Rusia, Sabtu (7/7/2018) waktu setempat itu.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate kembali mengganti komposisi pemainnya. Di laga ini, Southgate memasang Kylie Walker di kiri dan memasukkan bek Leicester City Harry Maguire alih-alih memilih bek Manchester United, Phil Jones. Terbukti, komposisi ini mampu membuat Swedia kesulitan. Bukan hanya itu, Maguire juga mencetak satu gol di babak pertama dan disusul gol Delle Ali di babak kedua.

  • Pelatih Inggris Gareth Southgate. (Reuters)

Babak Pertama

Inggris mendapatkan kesempatan pertama mencetak gol pada menit 7 ketika memberikan Dele Alli umpan kepada Harry Kane di kotak penalti. Tapi Robin Olsen sigap ia memotong umpan itu dan berhasil menyelamatkan gawangnya.

Pada menit ke-19, Harry Kane akhirnya memberikan ancaman ke gawang Swedia. Melihat bola liar di luar kotak penalti, Harry Kane langsung melepaskan tembakan kaki kanan. Kiper Robin Olsen tak menduga datangnya bola, namun bola melebar di sisi kanan gawang.

Serangan-serangan Inggris terus berlanjut. Empat menit kemudian, umpan silang Kieran Trippier malah mengarah ke gawang, namun Olsen bisa membaca bola dengan baik.

Tempo permainan masih tak berubah hingga laga memasuki menit ke-29. Inggris masih kesulitan mendapatkan peluang emas untuk menggetarkan gawang Swedia.

Situasi akhirnya berubah di menit ke-30 saat Inggris untuk pertama kalinya mendapatkan sepak pojok. Inggris kembali menunjukkan kepiawaian memanfaatkan set piece. Umpan sepak pojok Ashley Young bisa disundul oleh Harry Maguire. Bola mengarah ke pojok kanan tanpa bisa dibendung oleh Olsen.

  • Perayaan gol Harry Maguire. (Reuters)

Setelah Inggris unggul 1-0, ternyata tempo permainan tetap tak berubah. Swedia masih kesulitan mengubah tempo dan inisiatif untuk lebih agresif di 15 menit pertandingan.

Pada pengujung babak pertama, Raheem Sterling lepas dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Olsen. Namun Sterling tidak bisa memaksimalkan peluang itu menjadi gol.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk timnas Inggris.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan Swedia yang memulai inisiatif serangan demi mencari gol penyama kedudukan. Akan tetapi, para pemain Inggris masih terlalu siap membendung serangan Swedia itu pada menit-menit awal babak kedua.

Kendati demikian, setelah delapan menit laga berjalan justru Inggris yang menambah jumlah golnya di papan skor. Kali ini, sundulan dari Alli mampu menggetarkan jaring gawang Olsen untuk kedua kalinya. Pemain Tottenham Hotspur itu mampu memanfaatkan dengan baik umpan matang dari Jesse Lingard dari luar kotak penalti.

  • Gol Delle Ali memantapkan kemenangan Inggris. (Reuters)

Sadar dengan kewajiban membuat gol, maka Swedia pun semakin gencar untuk melancarkan serangan ke lini pertahanan Inggris. Pada menit ke-71, penjaga gawang Inggris Jordan Pickford harus berjibaku demi mengamankan tendangan Marcus Berg, yang mendapatkan umpan dari sisi kanan pertahanan tim asuhan Gareth Southgate itu.

Inggris yang telah unggul dua gol pun bermain lebih tenang dengan lebih banyak menguasai bola untuk meredam serangan dari Swedia. Akan tetapi, Swedia pun tetap berusaha merebut bola dari kaki pemain Inggris sehingga pelanggaran pun kerap terjadi.

Bahkan, pada menit ke-77 Maguire harus menerima kartu kuning akibat pelanggaran ke Sebastian Larsson. Selepas itu terjadi pertikaian antara kedua pemain yang menandakan tensi pertandingan semakin meninggi.

Beruntung wasit masih dapat menenangkan kedua pemain itu sehingga laga bisa dilanjutkan kembali.

  • Harry Maguire mendapat kartu kuning di menit-menit akhir pertandingan. (Reuters)

Hingga laga usai skor tetap 2-0 untuk Inggris. Dengan kemenangan ini, The Three Lions berhak atas tiket Semi Final. Inggris bakal mengahadapi salah satu dari tuan rumah Rusia atau Kroasia yang bakal berlaga dini hari nanti, Minggu (8/7/2018) pukul 01.00 WIB. 

Susunan pemain Swedia vs Inggris;

Swedia (4-4-2): Kiper: Robin Olsen; Bek: Victor Nilsson Lindeloef, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson, Emil Krafth (Pontus Jansson 85'); Gelandang: Albin Ekdal, Sebastian Larsson, Emil Forsberg (Martin Olsson 65'), Viktor Claersson; Striker: Marcus Berg, Ola Toivonen (John Guidetti 65')

Inggris (3-5-2): Kiper: Jordan PickFord; Bek: Johns Stones, Kyle Walker, Harry Maguire; Gelandang: Jordan Henderson (Eric Dier 84'), Dele Ali (Fabian Delph 77'), Jesse Lingard, Kieran Trippier, Ashley Young; Striker: Raheem Sterling (Marcus Rashford 90'), Harry Kane