Tekuk Vietnam 1-0, Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

Timnas Indonesia U/19 (Antara/Zabur Karuru)
07 Juli 2018 20:58 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, SIDOARJO -- Indonesia akhirnya berhasil menaklukkan ujian salah satu ujian terberat di Grup A Piala AFF U-19, Vietnam, U-di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018) malam. Gol tunggal Rafli Mursalim tak hanya membawa Indonesia lolos otomatis ke semifinal, tapi sekaligus menempatkan Vietnam di posisi kritis.

Dengan kemenangan di laga krusial ini, Indonesia tetap lolos meski seandainya kalah dari Thailand di pertandingan terakhir Grup A. Pasalnya, Indonesia kini unggul 5 poin dari Vietnam yang sudah ditahan imbang Thailand di pertandingan pertama.

Kemenangan Indonesia diraih dengan cara tidak mudah. Sempat menghadapi alotnya pertahanan Vietnam di babak pertama, Indonesia juga harus menghadapi permainan kasar gelandang-gelandang Vietnam di babak kedua. Bahkan, kapten Vietnam Bui Hoang Viet Anh mendapat kartu kuning atas aksi kerasnya.

Kebuntuan perlahan pecah dengan masuknya Todd Rivaldo Ferre dan striker Rafli Mursalim di babak kedua. Aksi Rivaldo di menit 80 yang berujung tembakan membentur gawang diakhiri tembakan keras Rafli yang menembus gawang Vietnam.

Menghadapi Vietnam yang dianggap sebagai salah satu tim kuat, timnas Indonesia U-19 tetap tampil menyerang. Bermain dengan skema pakem mereka, 4-3-3, serangan Indonesia tidak berubah dan berhasil menekan lini tengah Vietnam.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri, kembali melakukan rotasi. Tidak ada nama Rafli Mursalim dan Saddil Ramdani sebagai starter di lini depan. Posisi striker utama diisi oleh Hanis Saghara yang diapit Witan Sulaeman dan Feby.

Sedangkan di lini tengah, Syahrian Abimanyu kembali dipasang sebagai starter bersama Rafi dan Luthfi Kamal. Sedangkan Todd Rivaldo Ferre berada di bangku cadangan.

Di barisan bek, Kadek dan Nurhidayat diduetkan di tengah. Asnawi Mangkualam mengisi posisi bek kanan dan disiapkan untuk melakukan overlapping ke depan. Sedangkan Firza bermain lebih ke dalam untuk memotong serangan Vietnam yang sering mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Indonesia.

Rapatnya pertahanan Indonesia membuat Vietnam lebih banyak mengandalkan tembakan jarak jauh. Namun tak satupun upaya yang menghasikan gol.


Babak Pertama

Vietnam mulai menekan sejak awal dengan melakukan pressing di lapangan tengah. Di menit pertama, mereka mulai mengancam dan masuk ke area pertahanan Indonesia. Beruntung, barisan belakang Indonesia tampil tenang dan akurat dalam mengirim umpan.

Pressing Vietnam terutama dilakukan terhadap gelandang tengah Indonesia Syahrian Abimanyu dan Witan Sulaeman setiap kali mereka membawa bola. Melawan Vietnam yang kuat di berbagai lini, serangan Indonesia memang mengalir dari tengah sambil sekali-sekali menusuk dari sayap kanan.

Pada menit 13, Hanis Saghara menusuk kotak penalti Vietnam dan melepaskan umpan melebar yang dipotong bek lawan. Serangan melalui sayap kanan Indonesia terus mengalir dengan dukungan bek kanan Asnawi Mangkualam yang bergantian posisi dengan Witan.

Menit 16 kerja sama ciamik Rafi dan Witan nyaris berbuah gol. Rafi yang membawa bola dari tengah mengirim umpan terobosan ke arah Witan yang berdiri bebas. Sayangnya, tendangan keras Witan masih melayang tipis di atas mistar gawang Vietnam.

Kedisiplinan barisan pertahanan Indonesia teruji saat para pemain Vietnam berupaya menusuk kotak penalti pada menit 23. Tackling-tackling bersih dan umpan akurat berhasil menutup gawang dari ancaman Vietnam.

Menit 28, kiper M Riyandi diuji striker Vietnam yang bergerak di sisi kiri pertahanan Indonesia. Bola terobosan ke kotak penalti bisa ditangkap dengan sempurna oleh Riyandi.

Asnawi kembali melakukan overlapping dengan menusuk ke sisi kiri pertahanan Vietnam di menit 30. Sayang umpan silangnya masih bisa dihalau barisan pertahanan Vietnam.

Vietnam melakukan upaya yang membahayakan gawang Indonesia di menit 33. Posisi Riyandi yang sedikit maju dibaca oleh pemain Vietnam dengan melepaskan tendangan jarak dari tengah lapangan. Beruntung, meski akurat, tendangan itu bisa dimentahkan oleh Riyandi yang sigap menghalau bola.

Babak Kedua

Belum genap lima menit babak kedua berlangsung, Feby menusuk sisi kanan pertahanan Vietnam. Upayanya melewati bek kanan Vietnam membuatnya dilanggar dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Masuknya Todd Rivaldo di awal babak kedua mulai memberikan ancaman. Umpannya di menit 54 kepada Witan di sayap kanan nyaris membuahkan peluang. Sayang bola terlalu deras dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Permainan keras justru ditunjukkan Vietnam dengan berkali-kali melakukan pelanggaran. Kapten Vietnam Bui Hoang Viet Anh bahkan melanggar Witan pada menit 51 dengan tackling keras dan membuatnya diganjar kartu kuning.

Serangan balik Vietnam di menit 58 di sisi kiri nyaris mengancam gawang Indonesia. Beruntung Riyandi dengan sigap memotong bola.

Permainan keras Vietnam memakan korban. Feby yang berkali-kali dilanggar tak bisa melanjutkan permainan setelah dilanggar gelandang Vietnam di menit 64. Gaya keras terutama dilakukan Vietnam kepada gelandang-gelandang Indonesia di tengah untuk merebut bola.

Serangan balik Indonesia terjadi melalui sebuah umpan terarah Rivaldo ke arah Witan di sayap kanan di menit 72. Namun tendangan Witan masih bisa dipotong pemain Vietnam. Semenit kemudian, berawal dari tendangan sudut, bola dikuasai oleh Firza yang langsung melepaskan tembakan ke arah tiang jauh. Sayang, tendangannya masih sedikit melenceng.

Serangan Indonesia kian berbahaya setelah Rafli Mursalim dimasukkan Indra Sjafri. Ujung tombak yang telah mencetak 2 gol ke gawang itu akhirnya kembali menjadi penentu.

Menit 80, aksi Rivaldo Ferre membawa bola dan menerobos kotak penalti. Aksinya meliuk-liuk diakhiri tendangan keras namun masih membentur mistar gawang. Bola muntah disambar dengan tendangan first time oleh Rafly Mursalim yang menghunjam ke gawang Vietnam. Indonesia unggul 1-0.

Kebobolan 1 gol, Vietnam kian bermain terbuka dan frontal menyerang. Beruntung, barisan bek Indonesia sangat rapi bekerja sama dengan Riyandi sebagai penjaga gawang.

Menit 90, tusukan sayap kanan Vietnam melepaskan umpan silang pendek ke mulut gawang Indonesia. Riyandi yang sigap menangkap bola harus kesakitan berduel dengan pemain Vietnam. Skor 1-0 bertahan hingga akhir laga.

Tokopedia