Kroasia Libas Rusia Lewat Adu Penalti

Dejan Lovren dan Luca Modric merayakan kemenangan Kroasia atas Rusia. (Reuters)
08 Juli 2018 04:04 WIB Jafar Sodiq Assegaf Dunia Share :

Solopos.com, SOCHI - Tim Nasional (Timnas) Rusia bertemu Kroasia di babak perempatfinal Piala Dunia 2018. Bermain di Fisht Stadium, Sochi, Rusia, Kedua tim langsung tampil menekan sejak awal pertandingan.

Tim tuan rumah mampu unggul lebih dulu di menit ke 31. Sementara tak butuh waktu lama bagi Kroasia untuk menyamakan kedudukan. Sembilan menit berselang Luka Modric dan rekan-rekan mampu membuat skor sama kuat 1-1. Skor ini bertahan hingga 90 menit berakhir dan memaksa pertandingan berlanjut ke extra time.

Di babak perpanjangan waktu dua tim juga bermain sama kuat dengan mencetak masing-masing satu gol. Pertandingan ditentukan lewat adu penalti.

Babak Pertama

Tuan rumah Rusia langsung menggedor pertahanan Kroasia. Rusia tampaknya mengincar gol cepat sekaligus membuat Kroasia tidak berkutik dalam laga kali ini.

Rusia mendapat peluang pertamanya melalui sepakan Artem Dyuba. Namun, tendangan Dzyuba pada menit kelima membentur bek Kroasia, Dejan Lovren.

  • Antusiasme suporter Rusia menjadi salah satu kunci kemenangan Timnasnya. (Reuters)

Kroasia pun segera merespons serangan Rusia dua menit kemudian. Hanya saja, sundulan Ante Rebic pada menit ketujuh masih melambung tinggi dari gawang Rusia.

Tak berselang lama Luka Modric dan rekan-rekan tak ingin terus mendapat gempuran dari tim tuan rumah. Mereka mulai mengurung pertahanan Rusia dan mengancam melalui sayap. Tetapi Ignashevich dan Kutepov masih cukup tangguh menghalau setiap serangan.

Meski kerap mendapat serangan dari Rusia, pertahanan Kroasia masih tetap kokoh dan sulit ditembus tuan rumah.

Rusia akhirnya bisa membobol gawang Kroasia melalui aksi Denis Cheryshev. Tendangan keras melengkung kaki kiri Cheryshev pada menit ke-31 tidak bisa diantisipasi kiper Danijel Subasic.

  • Perayaan gol Denis Cheryshev. (Reuters)

Tidak berselang lama, Kroasia mampu menyamakan kedudukan melalui tandukan Andrej Kramaric menit ke-39 memanfaatkan umpan silang Mario Mandzukic.

Babak Kedua

Pertandingan babak kedua dimulai. Seperti di babak pertama, Kroasia terus mengurung pertahanan tuan rumah. Mereka memburu gol kedua yang bisa jadi akan merubah peruntungan mereka. Ante Rebic terus membuat ancaman ke daerah pertahanan Rusia. Tim tuan rumah cukup tertekan di babak kedua.

Kroasia mendapat peluang emas menit 60. Kramaric berhasil meraih umpan silang Strinic dan membuatnya menjadi kemelut di muka gawang Rusia. Perisic berhasil mengambil bola dan mencoba melakukan beberapa gerak tipu sebelum menendang bola secara mendatar ke tiang jauh. Tetapi tiang gawang masih bersahabat dengan Rusia.

  • Usaha Luca Modric mengurai pertahanan Kroasia. (Reuters)

Rusia yang tersentak langsung balik menekan. Tetapi aksi Erokhin hanya menghasilkan sepakan sudut bagi tuan rumah. Usaha mereka untuk masuk ke lini pertahanan Kroasia kerap menemui kesulitan. Para pemain bertahan tampil sangat disiplin sepanjang babak kedua.

Kroasia benar-benar mengurung pertahanan Rusia dan tidak memberikan waktu bagi tuan rumah bernafas. Tetapi mereka seolah kehilangan sentuhan akhir di sepertiga akhir permainan lawan.

Kembali Kroasia membangun serangan, Modric mulai menemukan ruang di pertahanan Rusia setelah masuknya Brozovic. Tetapi sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan umpan Mandzukic masih berhasil diblok. Bola liar yang mengarah kepada Vrsaljko juga berhasil diblok. Kali ini menghasilkan sepakan sudut.

  • Pelatih Rusia Stanislav Cherchesov. (Reuters)

Meski kedua tim tampil menekan sepanjang babak kedua ini, akan tetapi belum ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 membuat pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan.

Pertambahan Waktu

Bermain agresif di awal babak perpanjangan waktu, Kroasia terus menekan pertahanan Rusia. Kroasia akhirnya berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-101 berkat gol Vida. Sundulan Vida meneruskan sepak pojok Luka Modric mengecoh Akinfeev dan menggetarkan gawang Rusia.

  • Perayaan gol Vida. (Reuters)

Dalam kondisi tertinggal, Rusia tak punya pilihan selain menyerang habis-habisan. Mereka punya kans pada menit ke-112, tapi tembakan voli Daler Kuzyaev mengarah tepat ke pelukan Subasic.

Rusia bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-115 lewat gol Mario Fernandes. Fernandes menyundul bola tendangan bebas Alan Dzagoev untuk memperpanjang napas timnya. Laga pun makin seru.

Rusia mengancam gawang Kroasia lagi empat menit kemudian. Tembakan jarak jauh Roman Zobnin mengarah ke gawang, tapi bisa ditangkap oleh Subasic.

Karena tak ada pemenang selama 120 menit, laga pun akan dilanjutkan dengan adu penalti.

Adu Penalti

 

  • Adu penalti Rusia vs Kroasia. (Reuters)

Pertandingan akhirnya harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Kroasia memenangi babak tersebut dengan kemenangan 4-3. Dalam babak adu penalti, dari lima penendang pertama, dua pemain Rusia gagal melakukan eksekusi: Fedor Smolov dan Mario Fernandes. Sedangkan Rusia hanya satu yang gagal, yaitu Mateo Kovacic.

Di laga semifinal yang digelar Kamis (12/7/2018), Kroasia akan menghadapi Inggris di Stadion Luzhniki. Inggris ke semifinal setelah mengalahkan Swedia 2-0.

 

  • Ivan Rakitic kembali menjadi penetu kemenangan Kroasia. (Reuters)

Susunan pemain Rusia vs Kroasia;

Kroasia (4-2-3-1): Kiper: Danijel Subasic; Bek: Ivan Strinic (J.Pivaric 74’), Sime Vrsaljko (Vedran Corluka 97'), Domagoj Vida, Dejan Lovren; Gelandang: Luka Modric, Ivan Rakitic; Andrej Kramaric (M. Kovacic 88'), Ivan Perisic (M. Brozovic 63’), Ante Rebic; Striker: Mario Mandzukic.

Rusia (4-2-3-1): Kiper: Igor Akinfeev; Bek: Ilya Kutepov, Sergei Ignashevich, Mario Fernandes, Fedor Kudryashov; Gelandang: Roman Zobnin, Daler Kuzyaev; Aleksandr Samedov (A. Erokhin 54’), Aleksandr Golovin (Alan Dzagoev 102'), Denis Cheryshev(F.Smolov 67’); Striker: Artem Dzyuba (Y. Gazinskiy 79’)

Tokopedia