Aroma Liga Premier Inggris di Semifinal Piala Dunia 2018

Inggris vs Belgia (Reuters/Fabrizio Bensch)
09 Juli 2018 09:15 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Liga Premier Inggris agaknya semakin sah disebut sebagai barometer kompetisi sepak bola dunia. Setelah menyumbangkan jumlah pemain terbanyak di Piala Dunia 2018 dengan 124 pemain, kini pemain dari kompetisi Negeri Ratu Elizabeth itu mendominasi skuat tim yang lolos ke empat besar.

Semifinal Piala Dunia kali ini memunculkan empat negara Eropa yakni Prancis, Inggris, Kroasia dan Belgia. Dari total 92 pemain dari negara semifinalis, 42 di antaranya berlaga di Liga Premier. Timnas Inggris menyumbang pemain dari Liga Premier paling banyak yakni 23 pemain atau 100% dari skuat.

Angka itu diikuti skuat Belgia yang diisi 12 pemain dari Liga Premier serta Prancis yang dihuni lima pemain dari kasta tertinggi sepak bola di Inggris. Adapun Kroasia hanya memiliki satu pemain dari Liga Premier yakni Dejan Lovren yang memperkuat Liverpool.

Tak hanya mendominasi dari segi kuantitas, pemain yang berlaga di Liga Premier juga banyak membantu tim mereka berprestasi. Sebut saja Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku hingga Jan Vertonghen yang menjadi bagian generasi emas tim Setan Merah, julukan Belgia. Lukaku sendiri sementara ini menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Rusia dengan torehan empat gol.

Top scorer sementara Piala Dunia juga berasal dari Liga Premier Inggris yakni Harry Kane. Striker Inggris itu sejauh ini sudah menyumbangkan enam gol. Total dari 157 gol yang sudah tercipta di Piala Dunia 2018 Rusia, 41 gol atau 26,1% di antaranya dibukukan oleh pemain Liga Premier Inggris. Jadi meskipun nantinya The Three Lions gagal menjadi juara, publik Inggris masih punya hal yang patut dibanggakan di Rusia. 

Tokopedia