Bendera Israel Muncul di Piala Dunia 2018, Fans Tunisia Meradang

Insiden antara sekelompok pendukung Tunisia dengan pembawa bendera Israel di Red Square, Moskow, Rusia. (Facebook/Tous derriere l'equipe nationale tunisienne)
09 Juli 2018 18:00 WIB Ginanjar Saputra Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Sekelompok pendukung Tunisia pada Piala Dunia 2018 terekam kamera sedang mengejar seseorang yang membawa bendera Israel pada bahunya. Video tersebut pun menyebar lewat media sosial dan menjadi viral di kalangan netizen.

Dilaporkan Hareetz.com, kisah unik tersebut terjadi di Red Square, Moskow, Rusia, akhir Juni 2018 lalu. Sekelompok pendukung Tunisia di Piala Dunia 2018 itu dikabarkan tak suka dengan kedatangan orang yang membawa bendera Israel. Mereka pun menyatakan dukungan kepada Palestina, negara yang wilayahnya dianeksasi oleh Israel selama puluhan tahun.

Berdasarkan video yang beredar media sosial, sekelompok orang yang membawa atribut dan bendera Tunisia mengejar dan mencemooh pembawa bendera Israel itu. Mereka juga berteriak menyatakan dukungan kepada Palestina dan berusaha merebut bendera Israel.

"Palestina! Hidup Palestina!" ucap beberapa orang pada video yang kini menjadi viral di media sosial tersebut.

Munculnya bendera Israel di tengah-tengah gelaran Piala Dunia 2018 bukan hanya terjadi kali ini. Dikabarkan Alaraby.co.uk, Minggu (1/7/2018), seorang reporter dari salah satu stasiun televisi di Tunisia yang sedang meliput laga Serbia vs Brasil, Kamis (28/6/2018) lalu, juga sempat bersitegang dengan seorang pembawa bendera Israel.

Aksi pembawa bendera Israel tersebut menyulut kemarahan sang pembawa acara berita yang menyatakan ingin membakar bendera Israel. "Provokasi semacam itu terjadi di acara-acara seperti ini [Piala Dunia 2018]. Anda seharusnya membakar bendera-bendera [Israel] itu," ungkap sang pembawa acara berita kepada reporter yang melakukan siaran langsung.

Di sisi lain, aksi pembawa bendera Israel di Rusia itu menjadi bahan ejekan sebagian kalangan. Maklum saja, Israel memang tak lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia, tak seperti Tunisia yang mampu menjadi salah satu peserta meski hanya di babak penyisihan grup.

Tokopedia