Semifinal Piala Dunia 2018: Kroasia Berbekal Ketangguhan Kiper

Danijel Subasic (Reuters/Maxim Shemetov)
09 Juli 2018 18:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Semifinal Piala Dunia 2018  akan menampilkan sejumlah kiper yang tangguh di bawah mistar gawang masing-masing. Mereka adalah Danijel Subasic (Kroasia), Jordan Pickford (Inggris), Thibaut Courtois (Belgia), dan Hugo Lloris (Prancis).

Subasic telah membuktikan ketangguhannya dalam dua kali adu tos-tosan. Setelah melakukan tiga penyelamatan dalam adu penalti melawan Denmark di babak 16 besar, Subasic menjadi pahlawan ketika Krosia  menundukkan Rusia lewat adu tos-tosan 2-2 (4-3) pada babak perempat final di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi, Minggu (8/8/2018) dini hari WIB.

Kiper AS Monaco tersebut kali ini menggagalkan tendangan 12 pas milik Fyodor Smolov. Berkat kecemerlangan Subasic, Kroasia menjadi tim pertama yang mampu memenangi adu penalti dua kali beruntun di fase knock-out Piala Dunia sejak Argentina mengalaminya pada 1990.

Padahal, Subasic sempat mengeluh kesakitan karena mengalami cedera hamstring di babak kedua. Dia bisa saja meminta Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, agar menariknya keluar lapangan. Namun, ia memilih bertahan dan menuntaskan pertandingan selama 120 menit hingga adu penalti.

“Saya tidak tahu seberapa besar itu [cedera] berdampak pada penampilannya [Subasic]. Namun penyelamatannya sangat fantastis di tembakan penalti pertama. Saya bertanya tentang kondisinya ke dia dan dia mengatakan oke, itu tidak berdampak besar baginya,” jelas kapten Kroasia, Luka Modric, seperti dilansir foxsports.com, Minggu.

Subasic pun menjadi kiper yang paling minim kebobolan untuk waktu normal dan dua kali babak perpanjangan waktu di antara kiper tim-tim semifinalis  lainnya. Gawang kiper berusia 33 tahun itu baru kemasukan tiga gol sejak fase grup. Lloris dan Pickford menempati urutan selanjutnya dengan masing-masing kebobolan empat gol. Sedangkan Courtois paling rentan kemasukan gol, yakni lima kali.

Sementara itu, Lloris menjadi kiper yang paling minim membukukan penyelamatan. Penjaga gawang Tottenham Hotspur tersebut baru mencatatkan delapan kali penyelamatan sejak fase grup. Dia juga menjadi kiper dengan akurasi operan paling rendah, yakni 71 persen.

Tokopedia