Persik Kendal Vs Persis Solo: Sambernyawa Memburu Poin Tandang Pertama

Winger Persis Solo Dedi Cahyono Putro (paling kanan) meluapkan kegembiraan seusai menjebol gawang Aceh United di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sabtu (5/5 - 2017). (Istimewa/Ofisial Persis Solo)
09 Juli 2018 08:15 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, KENDALPersis Solo  selalu tampil perkasa saat bermain di kandang sendiri yakni Stadion Manahan Solo. Sebaliknya, Persis Solo memiliki catatan kurang bagus saat menjalani laga tandang.

Bila tidak ingin mendapat predikat tim jago kandang, Laskar Sambernyawa wajib mencuri poin saat menghadapi tuan rumah Persik Kendal di matchday ketujuh Liga 2 Wilayah Barat di Stadion Utama Bahurekso, Senin (9/7/2018) sore WIB.

Laskar Sambenyawa mampu menyapu bersih empat laga kandang dengan kemenangan yang cukup meyangkinkan. Empat kemenangan di laga kandang itu membuat Laskar Sambernyawa menghuni peringkat dua klasemen sementara dengan raihan 12 poin. Dua laga tandang yang dijalani M. Wahyu dkk. yakni melawan tuan rumah Aceh United dan Persiraja Banda Aceh berakhir dengan hasil negatif.

Meski menguasai jalannya pertandingan dan lebih banyak menciptakan peluang, Persis Solo harus pulang dengan tangan hampa. Atas dasar itu, anak asuh Jafri Sastra mengusung misi mencuri poin pertama di laga tandang saat menghadapi tuan rumah Persik Kendal. “Kami punya rapor buruk di laga tandang. Saya ingin anak-anak tampil fokus untuk mencuri poin di Kendal,” jelas Jafri Sastra media officer Persis Solo, Minggu (8/7/2018).

Persik Kendal punya bekal positif jelang laga kontra Persis Solo. Bertandang ke Stadion Kridabakti Purwodadi, Jumat (6/7/2018), Andrid Wibawa dkk. mampu mempermalukan tuan rumah Persipur Purwodadi dengan skor 2-1 di laga perdana Piala Indonesia. Sisi negatifnya, Laskar Bahurekso hanya punya persiapan dua hari untuk menjamu Persis Solo.

Di Liga 2, performa Persis Kendal sendiri masih belum konsisten. Setelah mengalahkan tamunya Aceh United dengan skor 3-0 pada 29 April lalu, Andrid Wibawa dkk. seolah kesulitan menemukan kembali permainan terbaiknya. Anak asuh Eduard Tjong belum bisa memetik kemenangan dalam empat laga terakhir. Tiga laga di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Terakhir, Persik Kendal dipermalukan tamunya Semen Padang FC dengan skor 0-3 di pekan keenam, Selasa (3/7/2018). Persik Kendali pun punya motivasi kuat untuk memanfaatkan dukungan penuh suporternya sendiri guna meraih kemenangan atas Persis Solo. “Kami jelas mewaspadai kebangkitan tuan rumah yang termotivasi untuk meraih poin di kandang,” papar Jafri Sastra.

Menghadapi Persik Kendal, Persis Solo dipastikan tidak bisa diperkuat Heru Setyawan karena hukuman akumulasi kartu kuning. Pemain kelahiran Salatiga itu selalu menjadi pilihan utama Jafri Sastra di lini tengah dalam enam laga terakhir. Namun, Jafri Sastra tidak khawatir dengan absennya Heru karena di lini tengah masih ada gelandang berpengalaman yakni Bayu Andra yang siap diturunkan.

“Absennya Heru tidak ada masalah. Kami masih memiliki pemain dengan kemampuan yang setara. Di lini tengah masih ada M. Wahyu, Eli Nasoka dan Bayu Andra. Ketiga pemain ini siap dan dalam kondisi fit,” jelas Jafri Sastra.

Sementara itu, Pelatih Persik Kendal Eduard Tjong mengakui timnya kurang diungulkan saat menghadapi Persis Solo. Menurutnya, Persis Solo memiliki barisan pemain di lini depan yang punya kecepatan. Dia juga meminta anak asuhnya untuk mengawal ketat pemain sayap Persis Solo yang kerap merepotkan lawan. “Semua pemain Persis sangat berbahaya. Saya harap anak-anak berkonsentrasi penuh dan bisa mengamankan poin di kandang sendiri,” kata Eduard Tjong.

Tokopedia